MPLP HARI KE-2 PONTREN MODERN ZAM ZAM MUHAMMADIYAH

(INFO ZAMZAM) – Penyuluh Narkoba dari BNN Kabupaten Banyumas, Wicky Sri Erlangga, S.Sos., M.Si di hadapan santri baru Pontren Modern Zam Zam Muhammadiyah kampus 3 Karanglo, menegaskan akan pentingnya pengetahuan mengenai ‘Bahaya Narkoba’ agar tidak terjebak kedalam penyalahgunaan obat-obat terlarang tersebut. Itu disampaikan dalam kegiatan MPLP hari kedua, Kamis (14/07/2022). Dimana kegiatan serupa juga diselenggarakan di Kampus 2 Desa Pernasidi bagi santri kelas VII dan X disampaikan oleh Toni Riyamukti, S.H., M.H.

“Saat ini anak-anak sedang berada di lingkungan yang bersih dan baik. Insya Allah tidak akan menemui orang-orang yang menyalahgunakan narkoba. Tetapi kita tidak akan seumur hidup berada di lingkungan seperti ini. Kita harus siap pada suatu saat terjun di dunia kerja, ke dunia nyata. Jadi para santri harus dibekali dengan pengetahuan, mengenai apa itu narkoba,” terang Wicky.

Alasannya, lanjutnya, mungkin kondisi sekarang secara keimanan sudah kuat, secara pengetahuan sudah baik. Namun, jika suatu saat mereka berada di dunia luar lalu dijebak, ditawari, sedangkan mereka tidak tahu. Atau sekadar tahu istilah narkoba, tetapi tidak tahu bentuknya seperti apa, sehingga dapat dijerumuskan,

“Apalagi jika barang berbahaya itu setelah dicampurkan dengan makanan, kalau mereka tidak tahu, itu bisa terjebak. Atau secara tidak sengaja dikonsumsi dan semua itu pintu gerbangnya adalah merokok,” tandasnya.

Maka dalam kegiatan MPLP para santri juga dibekali pengetahuan dasar, seperti mengetahui jenis-jenis narkoba seperti apa. Selaku Ahli Muda Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat #BNN Banyumas, Wicky juga mengingatkan bahwa pintu gerbang masuknya narkoba itu bisa melalui rokok, sementara perilaku merokok itu bisa jadi tertular dari lingkungan rumah sendiri. Karena di rumah orang tuanya ada yang merokok, atau anggota keluarga ada yang merokok. Jika demikian, sebaiknya para orang tua jangan sampai mempengaruhi anak atau adik-adiknya dalam hal merokok.

Sebelumnya para santri telah dibekali materi tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB) dengan pelatih dari Koramil Cilongok, kemudian sosialisasi mengenai sistem transaksi dalam kegiatan keekonomian di Pontren Modern Zam Zam tentang E-SMART yang disampaikan oleh MIT. (h)

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.