Pondok Pesantren Modern (PPM) Zam-Zam Muhammadiyah beralamat di Jalan Raya Pernasidi No. 09, Komplek Masjid Baitul Matien – Perguruan Muhammadiyah Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. PPM Zam-Zam baru berdiri sekitar 11 tahun. Bermula dari keperihatinan akan sedikitnya da’i dan imam masjid, serta dari sebuah cita-cita seorang pengusaha muslim (Bapak H. Casiwan HS, selaku donator utama, penggagas dan pendiri pondok pesantren ini) yang mempunyai keinginan tinggi dan mulia untuk mendirikan pondok pesantren yang melahirkan kader-kader da’i dan imam di lingkungan kecamatan Cilongok khususnya, dan bermanfaat bagi umat pada umumnya.

Keinginan dan cita-cita itupun kemudian ditindaklanjuti dengan mengadakan musyawarah-musyawarah baik dengan tokoh ulama setempat ataupun Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cilongok Banyumas. Dari musyawarah itu terbentuklah tim pendiri pondok pesantren yang diketuai oleh Bapak H. Casiwan HS.

Gedung PPM Zam-Zam Putra

Setelah itu, tim pendiri pun mengadakan study banding ke beberapa pondok pesantren di antaranya Ma’had Muhammadiyah Plompong Kecamatan Sirampog kabupaten Brebes, Ma’had Al Imam Syafi’i di Cilacap maupun Ma’had Imam Syuhodo di Surakarta.

Dengan izin Alloh, setelah menempuh berbagai usaha dan upaya maka berdirilah Pondok Pesantren Modern Zam-Zam pada tanggal 17 Juli 2008 M /13 Jumaditsani 1429 H. di atas tanah seluas 440 m2 tanah wakaf dari ibu Rofiah Pudjadi Pernasidi Kecamatan Cilongok dan sebagai donator utama dan penggagas adalah Bapak H. Casiwan HS.

Pembangunan pondok dilakukan secara bertahap yang terdiri dari ruang kantor, ruang kelas, asrama santri dan ruang dapur. Pada awal jumlah santri generasi pertama adalah 25 orang, dan Alhamdulillah total santri pondok pesantren modern Zam-Zam bertambah dari tahun ke tahun sehingga pada tahun yang ke-11 jumlah santri sekitar 1358 orang.

Pondok pesantren modern Zam-Zam sebagai lembaga pendidikan Islam fokus membina dan membekali santri dengan ilmu-ilmu syar’i dan keterampilan hidup (skill life) di samping dibekali dengan penguasaan tekhnologi.

Gedung PPM Zam-Zam Putri

Seiring dunia pendidikan yang terus berkembang, maka Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah lahir dengan memberikan solusi pendidikan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan masanya. Perpaduan antara ilmu umum sebagai dasar dari perkembangan teknologi dan informasi dengan ilmu-ilmu agama sebagai instrument penting pembangunan akhlakul karimah, keislaman yang kuat serta karakter yang lurus. Dan masyarakat percaya bahwa pesantren modern adalah tempat pendidikan yang pas untuk keadaan lingkungan saat ini.

Dengan bergandengan tangan bersama antara pengurus Muhammadiyah setempat, tekad kuat bapak H. Casiwan HS. (pendiri, donator utama dan pengurus harian Muhammadiyah Cabang Cilongok) serta ustadz-ustadz muda dari berbagai alumni Ma’had (Imam Syuhodo, Gontor, Al-Muttaqin, Abu Bakar Ash-shiddiq,Bina Madani, Isykarima, Universitas Al-ahqof, LIPIA, UPI, serta pesantren-pesantran lain) maka Alhamdulillah Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah dengan berjalannya tahun ketujuh ini telah menunjukkan perkembangan sangat baik. Terlihat dari prestasi-prestasi yang telah diraih, jumlah santri yang terus meningkat, perkembangan sarana prasarana KBM serta tingkat penerimaan/respon masyarakat sekitar yang sangat positif.

Ponpes Modern Zam-Zam Muhammadiyah terus berbenah dari hari kehari. Dengan memberikan program serta kegiatan-kesantrian yang bisa dihandalkan, demi menuju pendidikan modern yang lebih berkualitas lagi, dan menjaga amanah dari masyarakat yang ada serta keinginan kuat untuk melahirkan generasi islam yang baik, kompeten serta berguna bagi masyarakat sekitar.