27.3 C
Purwokerto
Selasa, 04 Oktober 2022
spot_img

WUJUDKAN PELUANG BEASISWA, UMJ DAN PONTREN MODERN ZAM-ZAM MUHAMMADIYAH TANDATANGANI MOU

JakartaPenandatangan MoU antara Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dengan Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok, Banyumas, Jateng sebagai langkah ikhtiar mewujudkan banyak peluang bagi santri alumni untuk memperoleh beasiswa, baik melalui jalur kader maupun jalur Tahfiz al-Qur’an. Penandatangan nota kesepahaman bidang pendidikan itu berlangsung pada Jumat (16/09/2022) di Lantai 2 Gedung Rektorat UMJ, diwakili oleh Wakil Rektor III Dr. Rini Fatma Kartika, MH., sedangkan Pontren Modern Zam-Zam dilakukan oleh Mudir, Ustadz Arif Fauzi, Lc., M.Pd.  Turut serta dalam kegiatan MoU tersebut Wakil Rektor IV, Dr. Septa Candra, SH, MH dan perwakilan Badan Pembina Pontren Modern Zam-Zam Cilongok, Drs. H. M. Tohar, M.Pd, Ir. H. Wahyudianto, dan Drs. H. Agus Miftah.

Dijelaskan Mudir, Arif Fauzi, Lc., M.Pd., bahwa  tujuan dari kegiatan ini untuk menjalin silaturrahmi dan kerjasama dengan UMJ dalam rangka menyerap Sumber Daya Manusia (SDM) yang bersekolah di Pontren Modern Zam-Zam dapat tersebar di seluruh PTN/PTM di Indonesia khususnya UMJ.

“Kami membahas peluang-peluang beasiswa untuk anak-anak Pontren Modern Zam-Zam. Disampaikan di situ bahwasanya ada peluang beasiswa kader diperuntukkan bagi para pengurus IPM, Tapak Suci dan Hizbul Wathan. Mereka dapat peluang beasiswa kader dengan ketentuan yang telah diatur oleh UMJ,” terang Ustadz Arif.

“Kami membahas peluang-peluang beasiswa untuk anak-anak Pontren Modern Zam-Zam. Disampaikan di situ bahwasanya ada peluang beasiswa kader diperuntukkan bagi para pengurus IPM, Tapak Suci dan Hizbul Wathan. Mereka dapat peluang beasiswa kader dengan ketentuan yang telah diatur oleh UMJ,” terang Ustadz Arif.

Selain itu, lanjut Ustadz Arif, untuk SDM tenaga pendidik, UMJ memiliki program-program pendidikan pascasarjana dan doctoral.  Lebih khusus, ada juga beasiswa termasuk bagi santri Pontren Modern Zam-Zam yang hafidz Qur’an. Gratis selama kuliah di semua fakultas, termasuk Kedokteran. Namun, akan dicek hafalan Qur’annya di setiap semester untuk menetapkan berhak atau tidak mendapatkan beasiswa di semester berikutnya,” kata ustadz Arif.

Kegiatan dipungkasi dengan penyerahan plakat secara simbolis antara UMJ dengan Pontren Modern Zam-Zam. Dr. Septa juga menambahkan, kegiatan ini akan terus dikembangkan karena sejalan dengan dakwah Muhammadiyah di bidang pendidikan.

Ditambahkan oleh Ustadz Arif, sebelum ke UMJ, dalam kegiatan dinas ini Mudir bersama perwakilan Badab Pembina Pesantren, paginya bersilaturrahmi dengan PP Muhammadiyah di Menteng, Jakarta Pusat. Kemudian pada jadwal berikutnya menghadiri undangan dari Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, beserta pimpinan Pontren lainnya, mereka  beraudiensi dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. yang sekaligus sebagai salah satu ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru