27.3 C
Purwokerto
Selasa, 04 Oktober 2022
spot_img

SANTRI PONTREN ZAM-ZAM MUHAMMADIYAH PUTRI MENGAJAR DI TPQ

:Program Pengabdian Masyarakat Syu’un Tholibat

(INFO ZAMZAM) – Sejumlah 36 santri kelas 10, siap menjadi penebar ilmu baca tulis  al Qur’an di  Taman Pendidikan al Qur’an (TPQ) Masjid Manal Muhammad dan TPQ Mushola Baiturrohmah, setiap Senin s.d sabtu pukul 15.30-17.00 WIB. Sebelum kegiatan berlangsung telah diawali dengan Pembukaan TPQ yang dilaksanakan pada Selasa, (09/20/2022) ba’da Ashar di masjid Manal Muhammad. Kepala Bagian (Kabag) Syu’un Tholibat Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Putri, Ustadzah Mutiqoh, S.Pd mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan mengajar TPQ ini sebagai upaya pengamalan surat Al Imran ayat 104.

“Ini sebagai upaya agar para santri memahami akan kandungan ayat tersebut yang dijadikan landasan berdirinya persyarikatan Muhammadiyah,” kata Ustadzah Mutiqoh.

Selain itu, lanjut dia, pada zaman yang sudah rawan seperti ini, tentu saja ada sebuah tanggung jawab pengamalan ilmu yang semakin besar bagi para santri.

“Sehingga hal tersebut mendorong kami untuk menerjunkan para santri ke masyarakat di sekitar pondok dalam bentuk kegiatan TPQ sebagai upaya untuk pemberantasan buta huruf baca tulis Al Qur’an,” tegasnya.

Dijelaskan, dalam kegiatan pembelajaran baca tulis Al Qur’an di kedua TPQ ini, tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak usia sekolah. Namun, juga dibuka kelas baca tulis Iqra dan Al Qur’an bagi para ibu berusia lanjut, yakni ibu-ibu Aisyiyah. Sebagai pelengkap dari kegiatan kajian yang sebelumnya sudah berjalan.

“Awal rencana kajian ibu-ibu ‘Aisyiyah sepekan satu kali, tapi diubah jadi ngaji lansia untuk mempelajari iqro dan al Qur’an. Sedangkan rencana kegiatan di hari Jum’at, tapi karena ada kajian tersebut, maka digeser mejadi hari Senin. Insyaa Allah kegiatan dimulai Senin pekan besok,” tambah Ustadzah Mutiqoh.

Ketua Divisi Pengabdian Masyarakat, Ustadzah Diva Naran Dhita menambahkan, katanya,  sebagai tanda dimulainya kegiatan pengabdian masyarakat Pontren di lingkungan sekitar pondok itu ditandai dengan penyerahan secara simbolik berupa mushaf al Qur’an yang dilakukan Kabag Syu’un, Ustadzah Mutiqoh kepada salah seorang pengajar TPQ Manal Muhammad, Ibu Katirah.

“Kami sebagai divisi yang menjadi koordinator berharap semoga kegiatan mengajar TPQ ini dapat berjalan dengan lancar, istiqomah, membawa manfaat dan menjadi perantara berkah bagi kita semua,” pungkas Ustadzah Diva. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru