24.2 C
Purwokerto
Jumat, 19 April 2024
spot_img

282 Santri PPM Zam-Zam Muhammadiyah Angkatan Ke-9 Lulus Memuaskan

KETUA PDM BANYUMAS, BUKA PINTU DUNIA MELALUI PPM ZAM-ZAM

(INFO ZAM-ZAM) – Upacara wisuda (haflah takharruj) santri angkatan Ke-9, SMA Muhammadiyah Boarding School (MBS) Zam-Zam –Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah (PPM Zam-Zam) Cilongok, Banyumas, diikuti oleh 282 anak yang berlangsung di aula Kampus 2 Pondok Putri pada Sabtu, (20/05/2023. Selain digelar prosesi wisuda, sambutan dan tausiyah serta tampilan santri, kegiatan juga diisi dengan penandatanganan kesepakatan kerja sama (MoU) antara Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas, PPM Zam-Zam Muhammadiyah dengan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Amerika Serikat, juga dengan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Penandatangan dilakukan oleh Direktur PPM Zam-Zam Muhammadiyah, Ustadz Arif Fauzi, Lc., M.Pd., Ketua PDM Banyumas, K.H Drs. Djohar, M.Pd., dengan Penasihat Pimpinan Cabang Istimewa (PCIM) Amerika Serikat, Mardin Umar. Sedangkan MoU dengan UMP oleh Rektor UMP, Assoc. Prof. Dr. Jebul Suroso, S.Kp, Ns., M.Kep. Terkait MoU dengan PCIM Amerika, Ketua PDM menjelaskan bahwa kerja sama yang dilakukan itu terkait dengan upaya peningkatan kualitas pendidikan dalam bentuk pembelajaran Bahasa Inggris dan pengembangan SDM.

wisuda ke 9
Penandatangan MoU PPM Zam-Zam dengan PCIM Amerika Serikat

“Sebab saudara kita di Amerika Serikat ini, SDM-nya luar biasa, nanti bisa ditularkan pengembangan bagi ustadz-ustadzah di PPM Zam-Zam. Dan juga kegiatan – kegiatan dakwah. Siapa tahu ada alumni yang bisa kuliah di AS, lalu melakukan dakwah di sana. Aamiin. Dengan demikian, kita buka pintu dunia ini melalui PPM Zam-Zam Muhammadiyah,” tandas Ustadz Djohar. Bahkan kami bangga, lanjutnya, sebab sudara kami datang dari AS untuk melihat lebih dekat keberadaan PPM Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok.
Sebelum tausiyah Haflah Takharruj disampaikan oleh Rektor UMP, sejumlah sambutan yang mengawali yaitu oleh Kepala SMA MBS Zam-Zam, Ustadz Pandi Yusron, B.Sh., M.H., direktur PPM Zam-Zam, Ustadz Arif Fauzi, Lc,. M.Pd., Ketua PCM dan Ketua Badan Pembina oleh H. Casiwan HS., Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banyumas, H. Ibnu Asaddudin dan Ketua PDM Banyumas, K.H. Drs. M. Djohar, M.Pd. ada kesan pesan wakil wisudawan serta wali dari wisudawan.

Direktur PPM Zam-Zam dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan program pendidikan di PPM Zam-Zam selama enam tahun.
“Karena kita tahu bahwasanya mondok itu adalah berat, mondok adalah jihad, dimana setiap hari anak-anak kita dibimbing dengan qur’an diawasai oleh asatidz dan selalu diarahkan untuk mengenal dunia dan akhirat, bukan hanya sukses di dunia tetapi juga nanti beprestasi di akhirat. Maka kita doakan selain prestasi akademik, non-akademik di dunia ini, juga semoga anak-anak kita nantinya bisa mengantarkan kita ke pintu syurga yang insya Allahu ta’ala sangat luas,” panjat Ustadz Arif.

Dijelaskan, PPM Zam-Zam Muhammadiyah mempunyai tujuan untuk mengkader calon-calon ulama dan mengkader calon-calon zu’ama. Sebagai calon ulama dibekali dengan ilmu yang diajarkan para asatidz melalui kajian kitab-kitabnya, dan sebagai calon zu’ama menjadi pemimpin dengan cara mereka telah belajar mengelola kegiatan-kegiatan bukan hanya di tingkat santri, termasuk kegiatan wisuda pun disukseskan oleh wisudawan dan wisudawati. Selain ucapan selamat, Direktur pun berpesan agar para alumni di dalam dirinya selalu tertanam semangat belajar dan beramal salih.

“Kemajuan PPM Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok tidak cukup dengan yang sekarang kita raih, kini kita memiliki santri yang alhamdulillah terbesar nomor satu se Jawa Tengah dan nomor dua se Indonesia. Adanya kepercayaan itu bukan hanya se Banyumas, tetapi Indonesia pun percaya dengan keberadaan PPM Zam-Zam, maka kami sangat berharap kepada anak-anak yang sekarang diwisuda untuk menjaga nama baik almamater senantiasa memberikan manfaat, untuk senantiasa mengajarkan kebaikan,” pesan Direktur seraya mengutipkan hadis yang memiliki makna, agar para alumni tetap konsisten dan aktif di dalam hal-hal yang positif, termasuk selalu meng-upgrade diri dan meng-update informasi dengan qur’an ataupun ilmu – ilmu yang lain.

“Jadi ketika kita belum bisa memberikan manfaat maka kita belajar bagaimana agar bisa memberikan manfaat. Setelah itu wa’allama, kita mengajarkannya. Karena masyarakat yang ada di sekitar kita membutuhkan kalian semuanya,” tandasnya.

Data Kelulusan SMA MBS Zam- Zam

Terkait data kesuksesan para wisudawan/wati Angkatan ke-9, Kepala SMA MBS Zam-Zam, ustadz Pandi Yusron, B.Sh., M.H, memaparkan bahwa jumlah keseluruhan 282 anak. Terdiri dari 115 putra dan 167 putri. Terbagi menjadi santri Program IPA 109 anak, Program IPS 83 anak, Program Bahasa dan Budaya 43 anak, Program KMI 47 anak. Semua telah dinyatakan lulus 100 prosen.
“Secara umum mereka lulus dengan hasil yang memuaskan. Dengan torehan-torehan prestasi akademik maupun non-akademik. Antara lain prestasi tingkat kabupaten/ kota tingkat karesidenan ada 29 kejuaraan. Prestasi tingkat provinsi ada 8 kejuaraan, prestasi tingkat nasional ada 23 kejuaraan jadi total ada 60 kejuaraan untuk santri yang saat ini diwisuda,” rinci Ustadz Pandi.
Kemudian, lanjutnya, untuk capaian tahfidz, rata-rata wisudawan/wati telah memiliki hafalan 5 juz ke atas, dengan rincian hanya 17 prosen dari total santri yang mencapai target pas, yaitu 3 juz dalam setahun. Selebihnya atau 83 % telah melampaui target.
“Sebanyak 204 santri hafal antara 4 – 9 juz. Hafalan 10 – 19 juz ada 22 santri, hafalan 20 – 29 juz ada 3 santri dan yang selesai 30 juz ada 3 santri. Ini merupakan syukur tersendiri buat kami PPM Zam-Zam, mengingat pondok terbesar di Jawa Tengah ini bukan pondok khusus tahfidz. Di sini anak-anak ditempa dengan berbagai kegiatan, mapel saja ada 22, tetapi mereka masih bisa menghafal al Qur’an dengan capaian yang sangat menggembirakan,“ tandas Wadir Tarbiyah PPM Zam-Zam merasa sangat bersyukur.
Dijelaskan juga, keterserapan study lanjut di perguruan tinggi, meskipun baru diwisuda, ada 117 anak (41,5 %) yang sudah diterima di PTN. dan sebanyak 68 anak diterima di PTS dan yang terbanyak adalah di UMP sejumlah 24 anak yang dua di antaranya diterima di Fakultaas Kedoktern. Anak lainnya masih berproses termasuk di Universitas Madinah dan Turki.
Acara yang dilangsungkan sejak pagi sampai siang ini dihadiri Ketua PDM, Majlis Dikdasmen PDM Banyumas, Ketua Lazismu Banyumas, Kepala Kantor Kemenag Banyumas, jajaran PCM Cilongok, Badan Pembina PPM Zam-Zam Muhammadiyah, jajaran pimpinan PPM Zam-Zam, Direktur PPM Zam-Zam, Kepala SMP dan SMA MBS Zam-Zam, para guru dan asatidz, serta orang tua/ pendamping santri, Formasi, Forkompincam Kecamatan Cilongok, Perwakilan Pondok Pesantren se Barlingmascakeb, dan relasi serta para wakif PPM Zam-Zam. Secara keseluruhan acara berlangsung lancar dan penuh khidmat. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru