28.8 C
Purwokerto
Kamis, 01 Desember 2022
spot_img

SMP MBS ZAM-ZAM LAKUKAN KUNJUNGAN ARPUSDA BANYUMAS

# Kegiatan Literasi Kelas IX

(INFO ZAM-ZAM) – Melalui surat pemberitahuan, Kepala SMP MBS Zam-Zam, Ustadzah  Evy Nurhidayati, S.Pd., menerangkan adanya surat dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas tentang permohonan kunjungan ke Dinas Arpusda Kabupaten Banyumas bagi para siswanya, khususnya kelas IX. Hal ini sebagai salah satu bentuk kegiatan literasi.  “Untuk itu para santri atau siswa yang terjadwal kunjungan ke Arpusda hanya mengikuti KBM sampai jam keempat. Kegiatan pembelajaran selanjutnya berupa melakukan kunjungan ke Arpusda. Setiap kelas dikawal oleh wali kelas dan musyrif/musrifahnya,” kata Ustadzah Evy.

mit04748
Ruang Arsip

Dijelaskan oleh Kep SMP MBS Zam-Zam, dari 13 rombongan belajar kelas IX A-M, dijadwalkan selama enam hari sejak Senin – Senin (03/10 – 10/10). Waktu kunjungan berlangsung selama dua jam, dari pukul 10.00 s.d 12.00 WIB, termasuk untuk perjalanan. Pada jadwal Senin (03/10) terdiri dari dua kelas, masing-masing kelas IX A dan IX B. Selasa (04/10) kelas 9G dan 9H, Rabu (05/10), IX C dan IX D, Kamis (06/10) kelas IX E dan IX F, Jum’at (07/10) kelas IX I dan IX J, Senin (10/10) kelas IX K, L dan M.

mit04738
Kolesi Buku

Pada kunjungan hari pertama, di lokasi kegiatan rombongan siswa secara teknis didampingi oleh pustakawan yang bertugas. Sirkulasi ke ruang baca dan lainnya diatur sesuai rombongan kelas dengan diarahkan ke dua lokasi tujuan yang berbeda. Misalnya kelas IX A ke gedung Arsip yang ada di lantai 2, sedangkan kelas IX B ke ruang baca. Tentu saja dengan pembatasan durasi yang dianggap cukup. Mengingat, pada hari yang sama juga ada kunjungan serupa dari sekolah lain, baik SMP maupun SD. Apalagi kelas yang terjadwal pada kunjungan hari pertama dan kedua, dimana di Arpusda masih berlangsung kegiatan besar. Sebagaimana dikatakan salah seorang Pustakawan yang mendampingi siswa SMP MBS Zam-Zam pada hari pertama, Ibu Entik Henarusti, S.I.Pust.

Katanya, kini situasi di Aspuda sangat ramai selain ada kunjungan dari sekolah-sekolah juga karena sedang ada penyelenggaraan kegiatan ‘Pekan  Jelajah  Pustaka  Berburu  IImu,  Menjaga  dan Melestarikan    Bahasa   Dengan   Karya   Dalam   Rangka Hari Kunjung Perpustakaan  dan Bulan Bahasa.’

“Sekarang ada Workshop menulis geguritan. Besok terakhir ada lomba pidato basa Penginyongan. Sebelumnya ada lomba mewarnai dan bedah buku Klirumologi,” kata Bu Entik.

Dijelaskannya, dengan kegiatan ini sehingga situasi Arpusda di dalam dan halaman luar bagian belakang sangat ramai tidak seperti pada hari-hari biasa. Kehadiran para siswa dari lembaga pendidikan yang ada Banyumas juga sebagai bagian dari agenda kegiatan Arpusda terkait Hari Kunjung Perpustakaan  dan Bulan Bahasa. Kegiatan Pekan Jelajah buku sejak digelar pada Rabu-Selasa (28/09 s.d 4/10), sedangkan untuk bazar buku sejak Rabu-Minggu, 28/09 s.d 16/10 mendatang.

“Bagi siswa yang terjadwal setelah tanggal itu, mereka masih bisa ke bazar buku. Dan bazar ini buka sampai malam, bahkan hari Minggu juga tetap buka,” terangnya. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru