24.3 C
Purwokerto
Jumat, 02 Desember 2022
spot_img

RAGAM KEGIATAN SANTRI WARNAI HARI MAULID NABI MUHAMMAD

#Dari Seminar Hingga Tadabbur Alam

(INFO ZAMZAM) – Aktivitas belajar santri Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok pada Sabtu (08/10) beda dengan hari biasanya. Mereka tidak berada di ruang kelas, melainkan menyebar di berbagai tempat dengan aneka kegiatan. Ada seminar secara langsung, seminar on line, kegiatan kepanduan Hizbul Wathan, Tapak Suci, berenang sampai potong rambut massal. Semua kegiatan di luar kelas (outing class) itu dilakukan dalam rangka mengisi makna Hari Kelahiran Nabiyullah Muhammad Shalallahu’alaihi wasallam.

Seminar Kesehatan

tadabbur 3
sEMINAR kESEHATAN

Kesibukan para santri tampak di berbagai tempat. Bagi sebagian santri putra di Kampus 1 mereka mengikuti seminar on line melalui media zoom meeting tentang Penyuluhan Kesehatan. Kegiatan ini kerja sama antara PSPD FKIK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Klinik Ganjuran Bantul dengan Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Banyumas. Bertempat di Aula Komplek Perguruan Muhammadiyah Cilongok.

tadabbur

Materi dalam kegiatan ini fokus mengenai Penyuluhan Penyakit Skabies yang disampaikan oleh dr. Ika Octaviani Artha dengan judul ‘PHBS di Lingkungan Sekolah/Pondok Pesantren’. Sedangkan materi kedua oleh dr. Farindira Vesti Rahmasari, Msc. Dengan judul ‘Startegi dan Motivasi Belajar di Kala Scabies Melanda’. Kedua pemateri menyampikan secara virtual. Namun, moderator disampaikan secara langsung (offline) oleh alumni Pontren Modern Zam-Zam yang kini telah belajar di Fakultas Kedokteran UMY, Ustadz Khoiruddin. Sehingga dalam sesi tanya jawab, peserta bisa bertanya secara langsung, meski jawabannya oleh para dokter secara virtual.

Penyimpangan Perilaku Seksual

Seminar kesehatan di Kampus 1 hanya diikuti oleh sebagian santri dari perwakilan kelas. Akan tetap, beda dengan seminar yang digelar oleh Bagian Taujih Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah putri di Aula Kampus 2. Pesertanya seluruh santri putri. Seminar Kesehatan dengan pokok bahasan tentang ‘Penyimpangan Perilaku Seksual’ disampaikan oleh Pengampu Bimbingan dan Konseling Pontren Modern Zam-Zam putri, Ustadzah Melsani, S.Sos, MA.

tadabbur 4
tadabbur 4

Dikatakannya, korelasi Maulid Nabi dengan tema seminar tentang Penyimpangan Perilaku Seksual, bahwa Nabi Muhammad Sholallahu ‘alaihi wasallam adalah tauladan kita yang memuliakan perampuan. “Sebagai umatnya sudah seharusnya kita para perempuan harus mampu menjaga diri  dengan cara mengenali hal apa saja yang termasuk dalam kategori perilaku penyimpangan seksual. Sehingga kita mampu mencegah serta dapat melindungi diri dari perilaku-perilaku yang tidak diinginkan tersebut,” terang Ustadzah Melsani.

Tujuannya, lanjutnya,  untuk menjaga diri agar kaum wanita khususnya remaja tetap dalam keadaan baik dalam keadaan suci untuk meraih prestasi dan kesuksesan karier kita di masa mendatang.

Tadabbur dan Renang

Kegiatan santri di Kampus 3 dan sebagian santri putra di Kampus 1 Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilogok yaitu menikmati kegiatan bersama Musyrif, baik kegiatan tadabbur alam di sekitar lokasi wisata terdekat dari Pontren maupun olah raga renang.  Sebagaimana dikatakan Ustadz Kholif, bahwa belajar sambil tadabbur alam di area wisata lokal sebagai penunjang keaktivan kegiatan belajar santri.

“Dengan semakin meningkatnya tuntutan tugas belajar, peserta didik khususnya santri  harus bisa aktif di kelas dan di luar kelas. Adapun tujuan kegiatan ini untuk memberikan motivasi belajar agar penuh semangat, menumbuhkan kebersamaan, sikap adil dan sikap peka terhadap lingkungan sekitar. Alih-alih agar model kegiatan belajar lebih komplek,” terangnya sebagaimana ditulis di akun IG-nya.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut diprakarsai oleh Syuun Thullab, sebagai program unggulan yang telah berjalan selama sebulan. Tujuannya agar seperti apa yang diharapkan oleh Wadir Ri’ayah Putra, ustadz M. Thoriq N. Ikhsan, M.Pd.

“Diharapkan dengan kegiatan ini semakin menambah semangat untuk mondok di Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah cilongok,” harapnya.  (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru