29 C
Purwokerto
Senin, 20 Mei 2024
spot_img

SERENTAK SANTRI DAN ASATIDZ PONTREN MODERN ZAM-ZAM SALING BERMAAFAN

(INFO ZAM-ZAM) Setelah sebulan menjalankan ibadah puasa dan liburan Ramadhan, kemudian sejak Selasa (2/05/2023) para santri kambali ke pondok pesantren untuk memulai lagi berkhidmat menuntut ilmu. Pada hari pertama sebelum Kegiatan Belajar Mengajar dilaksanakan, terlebih dulu diawali dengan silaturahim. bersalaman antara para santri dengan asatidz. Sebagaimana yang dilakukan santri SMP dan SMA MBS Zam-Zam di halaman Kampus 3 Pondok Pesantren (Pontren) Modern Zam-Zam Muhammadiyah di Desa Karanglo, Cilongok. Sebelumnya didahului dengan seremoni apel pagi dan wejangan (tausiyah) yang disampaikan Kepala Asrama Kampus 3, Ustadz Semi Priyatno, S.Pd.
salaman (2)
salaman (2)
salaman (10)
salaman (10)
salaman (12)
salaman (12)
Dikatakan bahwa silaturahmi itu sangat penting, sebab itu salah satu fondasi dari persatuan umat Islam yang didasari dari jiwa dan hati yang bersih. Persatuan di dunia pendidikan, di dalamnya ada santri, asatidz dan masyarakat kependidikan lainnya, tentunya harus diwujudkan dalam rangka untuk meraih cita-cita besar sesuai missi Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah. Antara lain, menanamkan nilai-nilai Islam untuk membentuk pribadi muslim yang berakhlakul karimah.
“Kami atas nama asatidz memohon maaf kepada para santri dan seluruh civitas akademika, khususnya di kampus tiga ini. Jangan sampai ada rasa sakit hati ataupun rasa dendam. Jika di hati masih ada perasaan itu, niscaya rasa dendam itu akan membakar dirinya sampai meninggal dunia. Cukup disayangkan, jika setelah kita saling bermaaf-maafan, tetapi di dalam hati masih ada penyakit, seperti dendam, iri, dengki dan lainnya,” kata Ustadz Semi.
Dijelaskan, salah satu indikasi sikap mulia dan pemberani adalah ketika seseorang itu berani meminta maaf atas kesalahan dan kekhilafan dirinya. Untuk itu, lanjut Ustadz Semi mewanti-wanti, agar para santri jangan menjadi orang yang kerdil. Jangan menjadi orang yang pengecut, karena tidak berani mengakui kesalahan dan tidak berani meminta maaf.
“Dan jangan jadi orang yang kerdil karena menyimpan rasa dendam di dalam hati,” tegasnya mengingatkan.
Kegiatan apel serentak dan silaturahmi antar santri dengan para asatidz juga dilakukan di Kampus 1 dan Kampus 2 Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok. Kegiatan apel di Kampus 2 dipimpin oleh Wadir Ri’ayah Putri, ustadzah Siti Khomsiyah, S.Pd.I., sedangkan di Kampus 1 Desa Pernasidi, dipimpin oleh Wadir Ri’ayah Putra, Ustadz M. Thoriq Nur I. S.Pd.I., M.Pd.
Sebagaimana disampaikan Wakil Kepala SMP MBS Zam-Zam Cilongok, Ustadz Fachri Afifudin, S.Pd., kegiatan apel dan silaturahim ini diikuti oleh semua santri dan asatidz kecuali santri kelas IX baik di Kampus 1,2 dan 3. Karena para santri kelas IX yang berjumlah sebanyak 389 tengah mengikuti Asesemen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ). “Kegiatan ini berlangsung selama 10 hari ini berlangsung sejak Kamis – Senin, 4-15 Mei 2023,” jelasanya. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru