26.8 C
Purwokerto
Jumat, 27 Januari 2023
spot_img

PONTREN MODERN ZAM-ZAM DAN IKAPM SELENGGARAKAN PESANTREN LIBURAN

#Jumlah Peserta Lampaui Target, Berasal dari Barlingmascakeb dan Jawa Barat

(INFO ZAMZAM) – Usaha mengenalkan pola pendidikan di Pondok Pesantren kepada anak-anak usia SD sekaligus untuk mengisi kegiatan libur sekolah akhir Semester Gasal dengan kegiatan penuh makna. Ini menjadi salah satu tujuan kegiatan Pesantren Liburan tahun 2022. Panitia yang semula mentargetkan hanya 300 peserta putra dan putri, ternyata mencapai 454 anak. Mereka berasal dari Barlingmascakeb dan daerah Jawa Barat, antara lain Bekasi, Cikarang dan Bandung.  Hal itu disampaikan oleh Ustadz Semi Priyatno, S.Pd., selaku Pengasuh Asrma 3 dalam pembukaan Pesantren Liburan bagi peserta putra di aula serba guna Kampus 3 Desa Karanglo. Sedangkan peserta putri dibuka oleh Direktur Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah, Ustadz Arif Fauzi, Lc., M.Pd., di aula kampus 2 Desa Pernasidi. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah dengan Ikatan Alumni Pesantren Muhammadiyah (IKPM) yang berlangsung pada Selasa-Jum’at (20-23/12/2022).

peslib2
peslib2
peslib5
peslib5

Atas nama penyelenggara, Ustadz Semi Priyatno menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak dan Ibu yang telah ikut berpartisipasi mengikutkan putra-putrinya dalam agenda Pesantren Liburan 2022 di Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok. Dikatakan, agenda ini sempat tertunda sekitar tiga tahun, dikarenakan adanya pandemi Covid 19.

peslib3
peslib3
peslib4
peslib4

“Alhamdulillah tahun ini bisa terselenggara. Semoga anak-anak yang ikut agenda pesantren liburan selama tiga hari, selalu diberi kesehatan oleh Allah subahanahu wata’ala, sehingga dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan yang sudah disiapkan panitia.” Harap ustadz Semi.

peslib7

Selain itu, lanjut Ustadz Semi, ada serangkaian pesan bagi Bapak dan Ibu wali santri yang telah mengikutkan putra-putrinya dalam Pesantren Liburan ini agar memiliki rasa TITIP. Dijelaskan, TITIP itu merupakan kepanjangan dari Tega, Ikhlas, Tawakal, Ikhtiar dan Percaya.

“Kepercayaan dari Bapak Ibu dengan apa yang akan didapat oleh anak-anak selama tiga hari ini, insya Allah akan bermanfaat untuk kehidupan di dunia ini dan insya Allah juga bermanfaat di akhirat kelak,” tegasnya.

Selaku ketua Panitia, ustadz M. Noor Hidayah, S.Pd., menerangkan bahwa secara umum, kegiatan ini sebagai upaya untuk mengenalkan kehidupan ala pesantren. “Bagaimana anak-anak bisa langsung belajar adab dan akhlak dalam satu lingkungan yang Insya Allah Islami,’ terangnya.

Dijelaskan, dari jumlah peserta sebanyak 454 itu terdiri dari Putra 223 anak dan Putri 231 anak. Melalui kegiatan dengan tema “Bersama mewujudkan cita, liburan penuh makna” ini, akan dapat mewujudkan liburan yang penuh nilai-nilai kebaikan dan bermanfaat bagi umat.

Banyak agenda menarik selain materi Akhlak, Halaqoh Tarbawiyah, Tahfidz, Ilqo Mufrodzat. Yakni Dongeng Anak Islami, Game, Pesantren Tour dan Outbound.

Pada hari kedua santri putri dalam agenda Pesantren Tour antara lain diajak untuk masuk dan berfoto bersama di studio. Sedangkan pada hari berikutnya giliran santri putra. Dilanjutkan dengan  outbound untuk semua peserta pesantren liburan ke dream land dengan mengendarai mobil rekreasi alias odong-odong. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru