27.6 C
Purwokerto
Jumat, 27 Januari 2023
spot_img

SANTRI PONTREN ZAM-ZAM WARNAI CLASS MEETING DENGAN BAKTI SOSIAL

#Ada Donor Darah, Bersihkan Mushala, Rihlah dan Sharing Kesehatan Bersama dr. Listya Tanjung

(INFO ZAM-ZAM) Santri SMP dan SMA MBS Zam-Zam –Pondok Pesantren (Pontren) Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok, setelah menunaikan serangkaian  tugas  berupa Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal baik kurikulum Nasional maupun Ri’ayah/ Kepondokan Tahun Ajaran 2022/2023, masih ada satu kegiatan lagi yaitu class meeting. Agenda refreshing  yang umumnya diisi dengan kegiatan pertandingan berbagai olah raga antar kelas ini sebagai bagian dari jadwal rutin di satuan pendidikan. Namun, dalam waktu sepekan menjelang hari perpulangan para santri, kegiatan sebelum libur pajang tahun 2022 ini,  juga diisi dengan berbagai kegiatan bakti sosial seperti donor darah, membersihkan tempat ibadah, sharing kesehatan dan rihlah.

img 0662
img 0662

p1120753Sebagaimana yang dilakukan para santri Asrama Kampus 2 Desa Karanglo pada Kamis (15/12/2022). Mereka menyebar di  sejumlah pelosok Desa Karanglo untuk melakukan bersih-bersih mushalla dan lapangan yang ada di desa tersebut. Hal itu sebagaimana disampaikan Penanggung jawab kegiatan, Ustadz Hafidz Abdulloh bahwa hal tersebut bagian dari kegiatan Class Meeting dalam bentuk bakti sosial.

baksos kampus 2 12
baksos kampus 2 12

“Alhamdulillah, dalam pelaksanaan kegiatan antara kelas kali ini tidak hanya diisi dengan pertandingan olah raga sebagaimana biasanya, melainkan diserta dengan bersih-bersih mushala dan lapangan yang ada di Desa Karanglo,” kata Ustadz Hafidz.

Dijelaskan, selain membersihkan sejumlah mushalla, para santri dari dari kelas VII hingga X Asrama Karanglo sejak jam 07. 00 – 09.00 pagi juga membersihkan lapangan desa yang biasa digunakan untuk olah raga.

rih
rih

Varian kegiatan class meeting juga dilakukan para santri di kampus 1 dan 2. Dimana selain adu ketangkasan di bidang olah raga, seperti badminton, takraw, futsal dan tenis meja, para santri putri kelas VII SMP MBS Putri mengikuti sharing tentang kesehatan sekaligus berkenalan dengan dokter pontren Modern Zam-Zam, dr. Listya Tanjung.

p1120753

Kegiatan lainnya para santri putra ada yang mengikuti rihlah atau jalan-jalan sambil mengagungkan kebesaran ciptaan Allah Subhanahu wata’ala. Sebagaimana yang dilakukan santri putra bertadabbur ‘alam dengan cara berjalan kaki dari kampus 1 Desa Pernasidi ke lokasi di Pule Desa Sambirata kecamatan Cilongok. Juga ada santri yang olah raga renang di Dreamland Ajibarang.

Sedangkan santriwati kelas IX K berjalan-jalan ke Situ Elok. Dimana kondisi terkini lokasi yang dekat dari Pontren Kampus 1 itu sedang dipercantik menjadi wahana wisata yang cocok buat swafoto. Sebagian kelas putri sebelum perpulangan juga diisi dengan penyelesaian tugas PAS Ri’ayah tahfidz sesuai target jumlah juz yang telah ditetapkan.

Donor Darah

Kegiatan donor darah kerjasama Ri’ayah dengan PMI Cabang Banyumas dilakukan bagi santri kelas XI dan XII putra-putri serta karyawan. Ustadz Hasan Sidiq, S.Pd., selaku PJ kegiatan, menuturkan, untuk santri putra kegiatan diikuti sebanyak lima puluh santri, sedangkan yang darahnya dapat diambil karena memenuhi syarat hanya 30 anak. Kegiatan serupa juga dilakukan bagi santri putri di Kampus 2. (h)

 

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru