27.6 C
Purwokerto
Rabu, 30 November 2022
spot_img

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN SANTRI SMA MBS ZAM ZAM

Pemanfaatan Digital Marketing

(INFO ZAMZAM) – Salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat dari dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berupa pelatihan kewirausahaan bagi santri putri SMA MBS Zam-Zam –Pondok Pesantren Modern (PPM) Zam Zam Muhammadiyah — Cilongok, Banyumas, pada Kamis (17/02/2022) di ruang Labkom gedung Walidah Pondok Putri. Ketua Kegiatan Program Iptek Bagi Masyarakat, Mastur Mujib Ikhsani, SE., M.Si., mengatakan bahwa program pengabdian masyarakat ini merupakan rangkaian dari kegiatan tahun sebelumnya, dengan materi tentang ‘Pemanfaatan Digital Marketing dalam Pengembangan Kewirausahaan.’


“Dalam pelatihan ini, kita menggandeng pembicara dari Fakultas Teknik dan Sains Jurusan Teknik Informatika untuk menjelaskan tentang bagaimana pemanfaatan digital marketing dalam pengembangan kewirausahaan. Apalagi di era disrupsi ini, dimana peran teknologi informasi sangat penting di berbagai bidang, terutama yang berkaitan dengan digital marketing,” katanya.
Selaku pemateri, Abid Yanuar badharudin, S.Kom., M.Kom. juga menjelaskan mengenai pentingnya kegiatan pembekalan, agar santri MBS Zam Zam kelak ketika terjun di masyarakat telah memiliki bekal tentang bagaimana bisa berperan dalam keumatan. “Tidak hanya dalam hal yang bersifat spiritual keagamaan, seperti kegiatan pengajian, ceramah dan sejenisnya, tetapi merambah dalam hal-hal praktis yang berbasis keumatan, seperti upaya-upaya pengembangan ekonomi umat. Umpamanya membut jaringan ekonomi umat yang berbasis masjid,” katanya mencontohkan.


Untuk itu dalam kegiatan ini, lanjutnya, para santri juga langsung praktik tentang langkah-langkah melakukan kegiatan tersebut. Karena perkembangan Teknologi Informasi berkembang sangat pesat. Para santri sangat perlu mendapat bekal agar kelak siap beradaptasi dalam era peralihan dari manual ke era digital modern. Sedangkan tim dosen lainnya yang memberikan nilai-nilai pencerahan tentang praktik kewirausahaan dari FEB UMP yaitu Fatmah Bagis, S.E., M.Si dan Arini Hidayah, S.E., M.Si.
Kepala SMA MBS Zam-Zam, ustadz Pandi Yusron, B.Sh., M.H. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan penting bagi santri kelas sebelas. Sebab untuk mengasah dan mempertajam naluri bisnis para santri yang memiliki jiwa kewirausahaan. “Kewirausahaan sangat penting. Sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Rasulullah pun telah memberikan contoh langsung,” pungkasnya. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru