(PPM ZAMZAM) – Santri kelas 12 IPS Pondok Pesantren Modern (PPM) Zamzam putra mengikuti kegiatan Motivasi & Suksesi Belajar,  serta  Sosialisasi Umum Studi Lanjut Kelas XII yang disampaikan oleh Guru Bimbingan dan Konseling Ustadz M. Ghofar, S.Pd., pada Senin (10/08/2020) di Aula Pondok Putra. Sedangkan bagi santriwati kelas 12 dilaksanakan pada Kamis, (13/08/2020) di Pondok putri.

Menurut Ustadz Ghofar, kegiatan ini merupakan pemberian orientasi dan pengarahan bagi santri agar dapat memantapkan minat sebelum lulus sudah memastikan pilihan untuk melanjutkan kemana serta memahami langkah-langkah untuk study lanjut sesuai Perguruan Tinggi yang dipilihnya.

“Hal ini sangat penting sebab Anak-anak  sudah di penghujung kelas XII, otomatis sudah harus disiapkan semangat dan pemahaman tentang study lanjut di Perguruan Tinggi baik swasta atau negeri, di dalam atau luar negeri,” katanya.

Dijelaskan, dalam kegiatan ini anak-anak (para santri, red.) diberi  pemahaman tentang  program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) baik yang diadakan oleh Kemendikbud dan Kemenag lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) atau  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan mengetahui pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN  atau PT di bawah naungan Kemenag yang disebut dengan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN).

Selain itu, para santri juga  dikenalkan dengan program Kedinasan Lintas Kementerian dan PT di bawah lembaga Muhammadiyah/ Aisyiyah. Tidak lupa juga dipahamkan tentang PT Luar Negeri serta PTS2 Favourite di dalam Negeri.

“Pada sesi terakhir anak-anak juga mengisi formulir pendataan minat study lanjut agar ketika sudah mendekati/lulus anak-anak sudah terarahkan dan tahu harus memilih Perguruan Tinggi mana yang berkualitas,” tandasnya.

Ustad Ghofar mengingatkan kepada para santri agar meningkatkan semangat belajar, mengurangi bermain, pendai mengatur waktu, fokus dan tidak banyak bersantai-santai sehingga materi dan pemahaman dapat maksimal diraih. Disamping itu agar senantiasa mengutamkan belajar, berdoa dan beribadah sebagai satu kesatuan yang diutamakan untuk meraih kesuksesan di masa depan dalam ridho orang tua dan Alloh subhanahu wata’ala. (h)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *