(PPM ZAMZAM) – Tim Reaksi Cepat (TRC) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas melakukan penyemprotan disinfektan di Pondok Pesantren wilayah Banyumas, termasuk di Pondok Pesantren Modern (PPM) Zamzam Muhammadiyah Cilongok, pada hari Rabu (12/08/2020).
Penyemprotan disinfektan di PPM Zamzam baik di pondok putra dan pondok putri tersebut dalam rangka pencegahan virus corona yang lebih masif di titik keramaian masyarakat seperti di lembaga pendidikan khususnya pesantren.
Selaku Kordinator Lapangan BPBD Kabupaten Banyumas yang mewakili Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah Banyumas atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Yahya menjelaskan bahwa penyemprotan disinfektan dilakukan selama sepekan di seluruh pesantren yang ada di Banyumas. “Kami menangani di Banyumas Barat yang meliputi pondok pesantren di Kecamatan Pekuncen, pondok pesantren di Ajibarang dan Cilongok,” katanya.
Pada penyemprotan hari ke-tiga giliran di pondok yang ada di Kecamatan Cilongok, salah satunya PPM Zamzam. Dijelaskan, setiap hari ada 3 Tim dengan jumlah personil setiap Tim terdiri dari 6-10 anggota, untuk meng-cover sebanyak 6-7 pesantren setiap harinya.


Lanjut Yahya, penyemprotan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebarluasan Covid-19 di wilayah Kabupaten Banyumas khususnya di tempat-tempat keramaian. Pihaknya BPBD tidak bekerja sendiri, selain dari MDMC juga dari Tagana d an lainnya. (h)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *