25.9 C
Purwokerto
Rabu, 30 November 2022
spot_img

LKTS 3 PONTREN MODERN ZAM-ZAM DIGELAR LAGI DENGAN TOTAL HADIAN 10-an JUTA

#Raih Pretasi Tanpa Bully

MVI_3802

(INFO ZAM-ZAM) – Lomba Karya Tulis dan Seni (LKTS) di Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok pertama diselenggarakan pada tahun 2019.  Peserta yang notabene para santri baik dari SMP MBS maupun SMA MBS Zam-Zam sangat antusias  mengikutinya. Mereka mengirim karya sesuai kategori dan jenis lomba.  Hasil perhelatan literasi itu melalui kerja keras dewan juri berhasil memilih para juara yang karyanya diproses dalam satu buku cetak bertajuk LENTERA.

LKTS kedua pun kembali dilaksanakan tahun 2020 dan menghasilkan karya pilihan yang dimuat di Buku LENTERA 2.  Wadir Tarbiyah Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah, Ustadz Pandi Yusron, B.Sh., M.H., selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan LKTS 3 Tahun 2021 terhalang karena musibah pandemi Covid 19. Selain itu ada agenda Zam-Zam Expo 2022 yang salah satu agendanya santri dan ustadz/ah menulis buku. Maka LKTS 3 dilaksanakan pada Tahun 2022.

“Ditargetkan pada Nopember 2022 sudah bisa menghimpun karya pilihan menjadi buku Lentera 3. Melalui pemuatan karya di dalam buku Lentera  ini menjadi hal bergengsi dan diminati anak. Agar anak punya keinginan karyanya masuk dalam himpunan buku itu. Sebab melalui penerbitan buku ini bagian yang real sebuah upaya peningkatan literasi sekolah,” harap Ustadz Pandi.

Dijelaskan oleh Ketua Panitia, Ustadz Fatkhurrozak, katanya, setiap peserta yang tersebar di 65 rombongan belajar diberi kesempatan untuk dapat mengikuti hanya dua jenis lomba saja. Semisal, lomba nulis cerpen dan puisi, atau puisi dengan kaligrafi, komik dengan cerpen dan seterusnya. Satu hal yang baru dalam LKTS ketiga ini, ada ruang ekspresi menulis dalam bahasa ibu dalam hal ini khususnya bahasa Jawa, yaitu lomba Cerita Cekak/ cerkak (cerita pendek).

“Adapun total hadiah dari akumulasi semua lomba sebesar 10 juta rupiah. Tentu saja para pemenang selain hasil karyanya dibukukan, ia juga berhak mendapatkan satu eksemplar buku sebagai wujud nyata catatan prestasi di dunia literasi,” terangnya.

Cabang lomba meliputi lomba menulis Puisi dalam tiga bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Lomba Komik, Artikel (esay), lomba kaligrafi, lomba poster dan lomba cerpen dan cerkak. Selain dibukukan, karya santri juga akan dimuat di Majalah yag diterbitkan PP IPM yaitu Majalah Kuntum.

“Kegiatan ini merupakan ajang untuk santri Pontren Modern Zam-Zam dalam mengembangkan minat dan bakatnya terhadap seni dan karya tulis, maka pastikan diri anda menjadi pemenang karya terbaik akan dimuat buku Lentera edisi 3 dan majalah Kuntum Pimpinan Pusat Ikanan Pelajar Muhammadiyah,” pungkas Ketua Panitia. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru