26.3 C
Purwokerto
Kamis, 01 Desember 2022
spot_img

KOKAM SMA MBS ZAM- ZAM CILONGOK  DALAM GIAT DAMPAK TANAH BERGERAK DI JATISABA CILONGOK

#Empat Rumah Rusak

(INFO ZAMZAM) – Hujan merata di sejumlah wilayah Banyumas. Beberapa wilayah mengalami musibah. Ada banjir bandang yang menerjang tebing di beberapa titik Daerah Aliran Sungai hingga akibatkan jembatan ambruk, bangunan di tepi sungai diterjang arus deras. Sawah tertimbun material bebatuan dari sungai. Air meluap merendam permukiman dan persawahan, hingga jalanan amblas bahkan putus. Tak terkecuali hujan sepanjang malam di wilayah Cilongok berdampak musibah yang menimpa warga di Kadus 1 Rt 01 RW 01 Desa Jatisaba Kecamatan Cilongok Banyumas. Melalui laporan yang disampaikan Tim dari KOKAM SMA MBS Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok yang ditujukan kepada Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Banyumas dan Ketua LPB-MDMC PDM Kabupaten Banyumas melalui jejaring  One Muhammadiyah One Response.

andil kokam 2
andil Kokam

Diinformasikan bahwa pada Kamis, (13/10/2022), sembilan personil KOKAM SMA MBS Zam-Zam – Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok tengah mengikuti kegiatan Asesment dan Giat Dampak Tanah Bergerak, di Desa Jatisaba, Grumbul Dukuh Duren RT 01 RW 01  wilayah Kadus 1 Kec. Cilongok.

andil kokam 3

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai respon dantindak lanjut adanya informasi Kebencanaan TRC Gabungan Kecamatan Cilongok, MDMC Banyumas dan warga setempat,” kata Pembina KOKAM SMA MBS Zam-Zam Ustadz Aldi melalui ustadz Dai Bahtiar yang berada di lokasi kegiatan.

Sebagaimana dapat disaksikan melalui video yang menayangkan langsung dari lokasi kejadian, tampak jelas adanya kondisi tanah yang retak memanjang dan sebagian amblas akibat pergerakan tanah sehingga berdampak bangunan rumah warga retak seperti terbelah, sedangkan kondisi sebagian bangunan nyaris ambruk. Begitu juga retakan yang memanjang di sepanjang jalan warga.

KOKAM SMA MBS Zam-Zam telah mengikutkan personil untuk bergabung dengan relawan TRC Cilongok bersama warga setempat untuk asasment awal setelah hujan deras semalaman di seluruh wilayah Kecamatan Cilongok. Sekaligus kerja bakti gotong royong untuk membersihkan material sisa sisa longsor.

Dijelaskan Ustadz Pembina KOKAM yang berada di lokasi, Ustadz Dai, kerugian hingga berita ini ditulis, empat rumah rusak akibat tanah bergerak. Sedangkan unsur yang saling bahu-mebahu dalam mengatasi paskamusibah ini yaitu Pemerintah Desa Jatisaba, MDMC Kabupaten Banyumas, Koramil dan Polsek Cilongok, KOKAM Pelajar Zam-Zam, TRC Gabungan Kecamatan Cilongok dan Warga setempat serta unsur lainnya. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru