30.9 C
Purwokerto
Kamis, 13 Juni 2024
spot_img

KREATIF, SANTRI SMP MBS ZAM-ZAM, MEMBUAT KARYA SENI GRAFIS CETAK DATAR

(INFO ZAM-ZAM) – Santri kelas 9 SMP MBS Zam-Zam –Pondok Pesantren Modern (PPM) Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok, membuat karya seni grafik cetak datar sebagai rangkaian dari kegiatan Life Skil Training. Adapun media datar yang digunakan berupa talenan berbahan dasar kayu dan gambar grafik datar yang dimirorkan. Gambar tersebut hasil pelatihan ‘Desain Grafis dengan aplikasi Canva’ yang dilakukan sebelumnya. Materinya berkaitan dengan ‘Milad PPM Zam-Zam’ ke-15 Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, (2/06/2023) dari pagi hingga sore secara bergantian susuai jadwal tiap rombel/ kelas, baik di kampus 1 dan kampus 2 Desa Pernasidi maupun kampus 3 Desa Karanglo.

img 1768

img 1995

Waka Kesiswaan SMP MBS Zam-Zam, ustadzah Sofiana Hikmah, S.Pd.I., mengatakan bahwa Life Skill Training bagi santri kelas 9 berlangsung selama enam hari. Kegiatan diisi dengan pelatihan menjahit, pelatihan imam dan muadzin, pelatihan desain menggunakan canva,  outbond dan camping serta aksi bersih lingkungan yang berlangsung Kamis – Selasa, (1-6/06/2023).

img 1998

“Setelah para santri praktik desain grafis membuat poster bertema Milad ke 15 Pondok Pesantren Modern Zam-Zam, kemudian hasilnya dicetak dipindah ke media datar berupa talenan,” terang Ustadzah Sofi yang juga Ketua Panitia kegiatan pelatihan ini.

img 1736

Sebelum praktik para Ustadz/ ah pembimbing memberikan tutorial sebagai bekal bagi santri dalam mengerjakan tugas, sebagaimana yang dilakukan Ustadzah Yuniawati di hadapan santri putra Kampus 3 Desa Karanglo.

“Bahan yang dibutuhkan yaitu karya desain gambar yang telah dicetak miror pada kertas HVS, talenan, minyak goreng, kapas, kuas dan lem kayu untuk merekatkan gambar pada media datar berupa kayu talenan,” terang Ustadzah Yuniawati.

img 1820

Sebelum memulai praktik dijelaskan terlebih dahulu proses pengerjaan, seperti mengoleskan lem secara merata dengan kuas di atas talenan. Setelah rata kemudian dijemur/ dikeringkan. Kemudian dilapisi kembali lem untuk gambar grafik cetakan datar pada kayu dan bagian atas dioleskan dengan minyak sayur. Gunanya untuk mengelupaskan kertas sehingga gambar telah tercetak di media datar telenan tersebut. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru