26.3 C
Purwokerto
Kamis, 01 Desember 2022
spot_img

KAMPANYE GERMAS DI PONTREN MODERN ZAM-ZAM DIBUKA BUPATI BANYUMAS

#Ibu Erna Husein Terpukau Penampilan Santriwati
(INFO ZAMZAM) – Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein dan Ibu Hj. Erna Sulistiawati Husein selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas hadir di Pondok Pesantren (Pontren) Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok Kampus 2 dalam rangkaian kegiatan hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sedunia dan kampanye Gerakan Kesehatan Masyarakat (Germas) dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 58, pada Selasa, (8/11/2022).
img 8820
img 8820
img 8905
img 8905
Kegiatan dibuka oleh Bupati Banyumas yang sebelumnya melakukan testimoni kepada tiga santri yang berani naik panggung untuk menjawab pertanyaan yang disampaikannya. Dalam sambutan singkatnya, beliau memotivasi para santri agar memiliki sikap berani dalam hal kebaikan. Selanjutnya mengajak kepada seluruh santriwati khususnya segenap masyarakat di Pontren Zam-Zam Muhammadiyah untuk mendukung dan mengikuti anjuran pemerintah mengenai Gerakan Kesehatan Masyarakat dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar senantiasa diterapkan di lingkungan pesantren.
Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas, Hj. Erna Husein dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kesehatan perempuan. Karena dengan kaum perempuan yang sehat dan terberdaya maka akan mendukung program penurunan stunting.
“Ciptakan budaya hidup sehat dengan melakukan seperti yang dicontohkan dalam kampanye Germas. Saya lihat para santri sehat dan ceria. Ini menjadi percontohan bagi pesantren lain. Para santri tumbuh kembang dengan baik. Tidak ada sampah berserakan. Semoga perilaku hidup bersih bagi anggota pesantren selalu diterapkan,” kata Hj. Erna di hadapan sebagian santri putri dan tamu undangan.
Sebelum menyampaikan sambutan, Hj. Erna Husein merasa terpukau dan sangat mengapresiasi dengan tampilan tarian modifikasi antar daaerah dan dramatisasi kampanye Germas yang diperankan oleh para santri. “Tariannya bagus dan kompak banget. Itu siapa yang melatih. Bagaimana latihannya?” ujar Ibu Husein sebagaimana dituturkan Kepsek SMP MBS Zam-Zam, sebelum akhirnya berpose untuk berfoto bersama.
Dalam kegiatan ini juga dilakukan pencanangan Kampanye Germas berupa Cuci Tangan Pakai Sabun Serentak dipimpin oleh Bupati Banyumas dan Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas, diikuti para santri dan sejumlah pejabat Forkompincam dan undangan lainnya, dilanjutkan demo minum tablet tambah darah dan makan buah oleh perwakilan santri yang diikuti seluruh santri yang hadir.
Adapun kampanye germas dimulai dengan tiga fokus kegiatan, yaitu meningkatkan aktivitas fisik seperti olahraga (senam sehat). Kedua Deteksi dini pencegahan stunting dan Ketiga meningkatkan konsumsi sayur dan buah. Pada praktik aksi kedua dan ketiga, berupa kampanye cuci tangan pakai sabun (CTPS), makan buah bersama, dan tes kesehatan gratis yang meliputi tensimeter, pemeriksaan HB, pengukuran LILA.
Acara ini juga dihadiri oleh para pejabat di Kecamatan Cilongok, Pengurus PKK Kabupaten Banyumas dan Pengurus Dharma Wanita Kecamatan Cilongok serta Para Pejabat Struktural Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas. Sedangkan laporan pelaksanaan kegiatan disampaikan oleh Pit. Kepaia Dinas Kesehaan Kabupaten Banyumas, Bapak Djoko Setyono, S.Sos. yang dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Pengelola dan Direktur Pontren Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok atas keiklasannya menjadi tempat pelaksanaan kegiatan ini serta kepada semua peserta dan semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan acara ini yang diikuti sebagian santri putri Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Kampus 2 Cilongok. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru