(PPM ZAMZAM) – Agar santri dapat meningkatkan kapasitasnya di bidang non akademik sesuai minat dan bakat yang dimiliki, PPM Zamzam Muhammadiyah melalui Bagian Bina Prestasi (Binpres) telah mengenalkan kepada santri adanya kegiatan esktrakurikuler sebanyak 21 pilihan. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bagian (Kabag) Binpres PPM Zamzam, ustadz Ardina Yudha D, S.Pd., dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Pesantren (MPLP) hari ke-5, Kamis 916/07/2020) secara daring.


“Binpres lebih mengutamakan tanggung jawab pada dua aspek. Pertama mengenai ekstrakurikuler dan kedua persiapan lomba. Binpres punya anggota yang siap untuk ditempatkan sesuai tugas masing-masing agar pelakasanan binpres bisa berjalan sesuai jadwal. Keberadaan Binpres dan stafnya perlu diperkenalkan agar santri bisa berkonsultasi langsung berkaitan dengan minat dan bakat yang dimiliki, sehingga tidak asal memilih ekskul,” kata ustadz Ardina.
Terpenting, lanjutnya, agar santri yang punya bakat, kompetensi atau ingin ikut lomba bisa menghubungi Binpres. Dengan adanya informasi mengenai bakat, minat dan prestasi yang pernah dimiliki terhadap para staf Binpres, akan memudahkan dalam upaya kegiatan pengembangan. Binpres juga akan memfasilitasi, mencarikan pelatih sesuai kapasitasnya sehingga prestasi santri yang pernah dimiliki akan lebih meningkat kompetensinya di kancah lebih tinggi, baik Kabupaten, provinsi bahkan nasional.
Staf Binpres yang siap mengawal para santri di pondok putra yaitu ustadz Fatkhurrozak Ramadhan, ustadz Dwi Sepri Muanang, S.Pd., dan ustadz Aris Budiman, S.Pd.I., Mereka semua siap setiap ada perlombaan dan ekskul dll. Jika ada keinginan mengikuti sebuah lomba bisa menghubungi mereka. Sedangkan untuk santri putri bisa berkomunikasi dengan ustadzah Erni Asriyati, S.Pd., Ustadzah Zulfikar Dwi Yuliana, S.Pd., dan ustadzah Kiki Setiyorini, S.Pd.
Dijelaskan, mereka senantiasa stanby di pondok putri untuk mengakomodir semua kegiatan ekskul, perlombaan dan pelaksanaan lainnya dari mulai persiapan, bimbingan hingga sampai pelaksanaan. Binpres ini milik semua. Artinya semua santri harus ikut berpartisipasi aktif dalam setiap perlombaan jika seorang santri yakin punya kompetensi dan siap untuk mengikutinya.
Dalam waktu dekat ini, melalui daring juga, tim Binpres akan menyebarkan angket untuk diisi sesuai dengan mata ekskul yang diminati setiap santri. Bagi santri yang sudah pernah meraih prestasi ketika di unit sekolah sebelumnya baik di SD, SMP itu harus menjelaskan agar tim Binpres lebih mudah dalam memberikan pembinaan sesuai prestasi yang pernah dimilik. Sehingga ketika nantinya ada lomba, mereka lebih siap dan matang dalam berpartisipasi atau seleksi ikut perlombaan.
Dengan demikian dalam waktu dekat Bagian Binpres akan: Pertama, Membagikan angket peminatan dalam ekstrakurikuler. Kedua, mengarahkan bakat dan minat santri. Ketiga, melaksanakan ekstrakurikuler. Keempat, mengadakan pendampingan ekstrakurikuler. Kelima, mengadakan evaluasi ekstrakurikuler.
Pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler pada tahun ajaran 2020/2021 akan berlangsung dua kali dalam sepekan. Setiap Kamis jam 13.00 – 15.00, dan Sabtu pada jam yang sama. Dengan demikian, kini para santri bisa mengikuti dua mata ekstrakurikuler, asalkan pilihannya itu jadwalnya pada hari yang berbeda. Beda dengan tahun sebelumnya yang hanya satu pilihan bagi setiap santri.
Dari 21 jenis ekstrakurikuler yang bisa dipilih santri adalah: Kaligrafi, Jurnalistik, sepak Bola, IPA, desain grafis, Tapak Suci, HW, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Renang, teater, Futsal, Takraw, Kokam, matematika, Memanah, Bola Volly, Cinematografi, Atletik, nasyid dam menjahit.
“Nantinya akan ada evaluasi ekstrakurikuler setiap sebulan sekali pada pekan keempat. Membahas kekurangan apa saja selama pelaksanaan kegiatan, apa kendalanya dan perlombaan apa saja yang akan dilakukan dan faktor pendukung apa saja yang perlu dipersiapkan. Adanya pelaporan materi dari pelatih kepada Kabag Binpres. Sebagai pembaharuan dan evaluasi,” terang ustadz Ardina. (h)

Berikut vidionya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *