(INFO PPM ZAMZAM) – Serangkaian kegiatan Ri’ayah Putri Pondok Pesantren Modern (PPM) Zamzam Muhammadiyah Cilongok selama Ramadhan 1442 H cukup padat. Ada delapan kegiatan yang digelar dari yang khusus bagi santri putri kelas 11 hingga kegiatan yang mengundang warga sekitar pondok putri seperti tabligh Akbar. Sebagaimana dikatakan Wadir Ri’ayah Putri, Ustadzah Shofiana Hikmah, S.Pd.I., tabligh akbar ini salah satu rangkaian dari kegiatan Amaliyah Bhakti Ramadhan Asrama Putri Pondok Pesantren Modern (PPM) Zamzam Muhammadiyah Cilongok sebagai bagian dari program tahunan. “Tujuannya untuk menyiapkan generasi yang bertanggung jawab serta punya I’tikad baik untuk maju, menjalin dan mempererat ukhuwah Islamiyah, serta untuk menumbuhkan rasa kepedulian,” terangnya.

Penanggung Jawab kegiatan, Ustadzah Shofiana menjelaskan bahwa sebelumnya karena dalam kondisi normal tanpa pandemi covid-19, agenda Ramadhan salah satunya digelar kegiatan pekan dakwah khusus bagi kelas 11, namun karena melihat kondisi yang belum memungkinkan sehingga dipadukan dalam agenda Amal Bhakti Ramadhan yang juga melibatkan santri putri kelas 10. Jenis kegiatannya meliputi TPQ yakni Halaqoh Tahsin Istimewa, Mudabbiroh, Imam Sholat Tarawih, Khitobah ba’da sholat isya, Kultum ba’da sholat subuh, Buka Bersama, Tabligh Akbar, dan Bazar.

Ketua Panita Amal Bhakti Ramadhan, Ustadzah Muslimah, A. Md., menuturkan lebih rinci, katanya, kegiatan TPQ (Halaqoh Tahsin Istimewa) ini dimaksudkan untuk santriwati kelas 10 dan kelas 11 yang telah terpilih bisa untuk mengajarkan ilmu yang didapat selama ini, kepada adik kelas yang didapati masih belum fasih atau kurang lancar, dalam hal baca tulis Al-Qur’an. Sedangkan Mudabbiroh diperuntukkan bagi santriwati kelas 11 yang telah terpilih untuk membantu musyrifah di dalam pembinaan dan keteladanan kepada santri dalam hal akhlaq, ibadah, mental, kedisiplinan, tahsin/ tahfidz dan bahasa. Ada juga Imam Sholat Tarawih, yakni untuk santriwati kelas 11 yang terpilih sebanyak 19 santriwati. Khitobah ba’da sholat isya, kegiatan untuk santriwati kelas bahasa yang terpilih sebanyak 16 santriwati. Kultum ba’da sholat subuh, kegiatan untuk santriwati kelas 11 yang terpilih sebanyak 17 santriwati. Buka Bersama, merupakan kegiatan yang diikuti oleh santriwati beserta ustadzah ri’ayah putri PPM Zamzam, kemudian Tabligh Akbar merupakan kegiatan puncak yang diikuti oleh seluruh santriwati, ustadzah ri’ayah putri beserta masyarakat sekitar di Asrama Putri PPM Zamzam. “ “Sebelumnya ada kegiatan Bazar yang digelar selama tiga hari pada Jum’at- Ahad (23-25/ 04/ 2021) di halaman gedung Walidah Asrama Putri PPM Zamzam, diperuntukkan bagi para santriwati, Ustadz/ ustadzah dan ummahat. Adapaun para ustadz/ Ustadzah dan ummahat yang tidak membuka lapak sendiri mereka menitipkan dagangan kepada IPM,” Ustadzah Muslimah menambahkan.

BAKTI SOSIAL & REWARD

Kegiatan bakti sosial, sebagaimana dijelaskan ketua LazisMu PPM Zamzam, ustadz Rifa’i bahwa pembagian paket ramadhan sebanyak 150 bingkisan diperuntukkan bagi warga sekitar pondok yang dalam pembagiannya diserahkan secara simbolis sebelum kegiatan Tabligh Akbar pada Selasa (27/04/2021). Pada kesempatan itu juga para santriwati yang selama kegiatan Ramadhan dinilai tergiat dengan kriteria yang telah ditentukan panitia, mereka mendapatkan reward. Yakni santriwati SMA MBS yaitu  Yusriyyah Nabila  Fifah (11 MIPA 2); Hanna Fitria Wahdani (11 MIPA 2); santriwati SMP MBS yaitu Maya Dayuningsih Setiawan ( 8J), Erlinda (8 H) mereka berhasil khatam Al Qur’an dua kali dalam 15 hari.

Seusai Tabligh Akbar yang dilanjutkan dengan ifthar jama’i bersama santri putri, warga dan para tamu undangan. Hadir dalam acara tersebut Direktur PPM Zamzam Ustadz Arif Fauzi, S.Pd.I. Lc., perwakilan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cilongok, dan Dewan Pembina PPM Zamzam bapak haji Casiwan HS.

Dalam sambutannya, Pak haji Casiwan menyampaikan rasa syukur atas rahmat dan izin Allah sehingga semua kegiatan di PPM Zamzam bisa terlaksana dari kegiatan yang telah berlangsung di pondok putri hingga baksos yang berupa penggalangan dana ke para donatur melalui LazisMu PPM Zamzam kemudian disalurkan ke warga sekitar pondok. “Terus dan teruskan dalam usaha membangun suasana islami di dalam pondok dan di sekeliling kita dengan rasa senang dan ikhlas hanya mengharap ridha Allah subhanahu wata’ala,” pesannya. (h)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *