(INFO- PPM ZAMZAM) – Tahun ini SMA Muhammadiyah Boarding School (MBS) Zamzam Cilongok menetapkan diri sebagai Profil Sekolah Berkarakter. Hal itu dikatakan Kepala Sekolah SMA MBS Zamzam, Ustadz Pandi Yusron, B.Sh., M.H ketika menyampaikan sambutan di hadapan peserta kegiatan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran SMA MBS Zamzam Cilongok, pada Rabu-Kamis, (2-3/06/2021) di ruang guru PPM Zamzam putra.   

“Kegiatan ini rangkaian dari agenda penyusunan E-KTSP SMA MBS Zamzam tahun Ajaran 2021-2022. Sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2015 bahwa setiap satuan pendidikan harus membuat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada setiap menjelang awal tahun pelajaran. KTSP merupakan acuan dan landasan operasional dalam menjalankan kurikulum selama satu tahun pelajaran. Di dalamnya terdiri dari tiga dokumen. Yakni Dokumen satu, dua dan tiga. Dalam dokumen satu, berisi profil sekolah yang meliputi visi, misi, peraturan akademik, peraturan kenaikan kelas, kelulusan dan lainnya. Serta pengembangan yang akan dilakukan oleh sekolah yang bersangkutan.  Juga di dalam profil harus menetapkan ciri khas dari satuan pendidikan. Adapun ciri khas dari sekolah kita, SMA MBS Zamzam adalah mengembangkan Profil Sekolah Berkarakter,” urai Ustadz Pandi.  

Dijelaskan, kegiatan workshop merupakan rangkaian dari kegiatan penyusunan KTSP yang diawali dengan penyusunan Dokumen 1 oleh Tim Pengembang Kurikulum yang berjumlah 12 guru selama sepekan. Selanjutnya dalam agenda kegiatan ini peserta meng-up date dokumen 2 dan 3 dari KTSP yakni berisi silabus dan RPP serta perangkat-perangkatnya.

Penetapan pilihan kekhasan satuan pendidikan sebagai sekolah berkarakter, Ustadz Pandi menghimbau agar nantinya pengembangan sekolah karakter itu harus menjiwai isi silabus, RPP dan seluruh penyusunan perangkat pembelajaran yang ada.

“Barangkali silabus sudah menjadi makanan pokok sebagai guru. Akan tetapi jangan dipahami bahwa silabus dan RPP itu ya gitu-gitu aja. Tidak berkembang. Akan tetapi karena silabus dan RPP merupakan bagian dari dokumen KTSP, yang menjiwai, menjadi ruh dan missi dari program sekolah selama satu tahun pelajaran, maka dari itu harus berkembang. Tolok ukurnya adalah berangkat dari evaluasi tahun sebelumnya kemudian juga melihat akan  kebutuhan, tantangan dan kondisi di tahun yang akan datang.  Maka pembelajaran-pembelajaran kita nanti di kelas, baiknya selalu ada inovasi-inovasi untuk pengembangan sekolah berkarakter yang menjadi tema utama kita di tahun ajaran 2021- 2022. Itu menjadi acuan dalam pembuatan silabus dan RPP,” harap Kepala Sekolah SMA MBS.

Ketua panitia, ustadz Amrul Mufid, S.Pd., mengatakan bahwa agenda tahunan dari Satuan Pendidkan diikuti oleh 40 guru dengan materi terdiri dari Pengembangan Silabus; Pengembangan RPP, dan Penentuan KKM Mapel, KKM Kelas, KKM Sekolah yang disampaikan oleh Waka Kurikulum SMA MBS Zamzam Ustadzah  Ari Eka Setyaningrum, S.Pd.

“Hasil dari agenda kegiatan ini  peserta punya kewajiban membuat silabus dan RPP sesuai dengan mapel masing-masing. Sebelum masuk tahun ajaran baru yang insya Allah mulai (12 Juli 2021) kita harus sudah mendapatkan SK Pengesahan dari Disdikbud Jateng. Aamiin,” pungkas Ustadz Amrul selaku Waka urusan Humas. (h)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *