“Pemerintah Indonesia wajib bersyukur dengan adanya Ponpes Zamzam ini. Karena apa? Karena membangun moral, mental spiritual. Agar generasi muda bangsa ini seimbang jasmani dan rohani,”

Tausiyah Ustadz Dr. Ahmad Kifni dalam Tabligh Akbar Ramadhan di hadapan para santri putri dan masyarakat sekitar pondok pada Selasa, (27/04/2021) di aula asrama putri, tentang tujuh cara meningkatkan kualitas diri alias kiat meningkatkan Sumber Daya Muslim (SDM). Hal itu sangat penting dengan harapan agar ummat Islam semakin dinamis dan tidak sampai terbelenggu dalam kemunduran. Menurutnya, penyebab kemunduran ummat Islam itu akibat beberapa hal yakni lemahnya managemen; akibat perekonomian ummat Islam yang masih berada di bawah rata-rata;  kerap masih suka bertengkar; masih lemah kualitas SDM-nya; dan masih lemah dalam hal penguasaan Ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam tausiyah yang digelar dari rangkaian Amaliyah Bhakti Ramadhan bertema, Menata Diri Untuk Meningkatkan Kualitas Diri, Ustadz Kifni menjelaskan bahwa ada tujuh komponen yang perlu diperhatikan oleh ummat Islam agar kualitas SDM-nya semakin meningkat. Pertama, harus ada keseimbangan dalam hidup (tawazun) sebagaimana disebut dalam surat al Qoshosh ayat 77.

Berita Amal Bhakti Ramadhan selengkapnya silakan baca di : https: //ponpeszamzam.com/amaliyah-bhakti-ramadhan-ppm-zamzam-putri/

“Kualitas SDM yang paling baik itu yang seimbang. Jasmani dan rohani seimbang, dunia dan akhirat harus seimbang dan proporsional.  Kita bersyukur sebagai Warga Negara Indonesia, memiliki lagu Indonesia Raya, di dalam syair lagu itu terdapat pesan keseimbangan. –Bangunlah jiwanya bangunlah badannya–. Jadi bangsa Indonesia tidak boleh hanya membangun jasmani, mengutamakan pembangunan fisik sampai lupa membangun moral, mental, spiritual. Inilah kehadiran Ponpes Zamzam untuk melengkapi pembangunan Indonesia.  Di bidang pembangunan fisik material, silakan bangun bandara, rel ganda, flay over, under pass, gedung bertingkat, pelabuhan, pasar modern, tetapi jangan lupa membangun moral, mental, spiritual. Jadi kalau dipotret, Pemerintah Indonesia wajib bersyukur dengan adanya Ponpes Zamzam ini. Karena apa? Karena membangun moral, mental spiritual. Agar generasi muda bangsa ini seimbang jasmani dan rohani,” urainya menjelaskan.

Kedua, mengedepankan hidup bermasyarakat atau bergaul secara sehat (al Hujrat 13); Ketiga, meniti hidup berkemajuan (Hud 61). Keempat, melatih tanggung jawab pribadi (Yasin 64). Kelima, menata keinginan dan kesenangan. Keenam, menjaga harga diri (al An’am 123). Ketujuh, menjalani kehidupan dunia untuk meraih kebahagiaan di akhirat harus ditopang dengan penguasaan ilmu (al Mujadalah 11).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *