(PPM ZAMAM) – Persaingan di dunia pendidikan sangat tinggi. Jika para pengalola lembaga pendidikan Muhammadiyah tidak melakukan usaha dan inovasi-inovasi maka akan ditinggal. Hal itu disampaikan Ustadz Arif Fauzi, S.Pd. I., Lc., ketika memberikan sambutan dalam kegiatan ‘Workshop Peningkatan Mutu Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19’ dan Penyerahan secara simbolis bantuan mobil minubus L-300 kepada SMP Muhammadiyah Cilongok, serta bantuan uang kepada delapan  SD/MI Muhmmadiyah masing-masing sebesar 7,5 juta rupiah dan lima TK-PAUD Aisyiyah masing-masing 5 juta rupiah, se-Cabang Cilongok, pada Sabtu, (05/09/2020) bertempat di aula SMP Muhammadiyah Cilongok.

“Untuk itu perlu saya sampaikan kepada bapak ibu semuanya, bahwa Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah untuk saat ini adalah Ponpes besar nomer dua di Indonesia, punya Muhammadiyah. Pertama ada di Jogyakarta dan yang kedua ada di Cilongok. SDM yang mengelola karena ini tingkatnya nasional maka para pengajarnya mengambil dari berbagai alumni. Alhamdulillah tahun ini kami baru menerima dua orang Lc, dari LIPIA Jakarta dan dari Yaman,” kata Ustadz Arif.

Masih berkenaan dalam upaya mengatasi tantangan secara umum, Ketua PCM Cilongok, H. Casiwan HS., memberikan arahan bagi para pengelola Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) se PCM Cilongok, sedikitnya ada tiga hal yang harus dijalankan. Pertama, penataan managemen di masing-masing lembaga pendidikan. Kedua, setiap bagian dalam kepengurusan harus menjalankan job-nya masing-masing sesuai tugas yang diamanahkan sesuai mekanisme dan secara profesional. Ketiga kerjasama tidak hanya internal di tiap tingkatan tetapi antar lembaga yang ada.

“Ada sinergi semua lembaga pendidikan yang ada di Cilongok, baik itu PAUD/ TK, dan SD itu harusnya saling menopang dan mendukung. Apa-apa yang ada di pondok agar ditularkan kepada teman-teman di SMP dan SD. Semunya saling menopang, saling membantu dan saling membesarkan satu dengan yang lain,” terangnya.
Setelah memberikan sambutan, Pak H. Casiwan selaku Dewan Pembina PPM Zamzam menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan SMP Muhammadiyah, Sd/MIM dan TK/PAUD Aisyiyah. Selanjutnya para peserta mengikuti pelatihan dengan materi ‘Pelayanan Prima di Lembaga Pendidikan’ yang disampaikan Ust. Drs. H. Djohar, M.Pd., dilanjutkan dengan materi ‘Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran,’ disampaikan oleh Ust. Juli Triantoro, S.T.P dan operator pelatihan Ust. Rifqi Alfathul Adhim, S. Kom. (h)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *