(INFO – PPM ZAMZAM) – In House Training (IHT) Pondok Pesantren Modern (PPM) Zamzam Muhammadiyah Cilongok bagi para asatidz dan karyawan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan di bidang bahasa asing. Kegiatan berlangsung selama lima hari sejak Selasa – Sabtu, (25-29/05/2021) bertempat di Pondok Putri. Materi yang disampaikan para mentor sesuai pembagian yang ditentukan panitia, terdiri dari kelompok Bahasa Arab dengan materi; Muhadatsah Yaumiyah, Qiro’ah Kitab Al Akhlaq LP2 dan Qiraah Kitab LP2, sedangkan kelompok Bahasa Inggris dibekali materi Conversation.

Disampaikan Ketua Panitia IHT, Ustadz Pandi Yusron, B.Sh., M.H., kelompok Bahasa Arab terdiri dari 9 kelas dan masing-masing kelas tediri dari 4 s/d 11 anggota. Kelompok Bahasa Inggris terdiri dari 6 kelas yang setiapnya ada 8 s/d 12 peserta. Pemateri/ mentor berjumlah 15 ustadz dan seorang native speaker Bahasa Arab asli kelahiran Sudan.

Menurut Ustadz Sukirno, Lc., M.A., kehadiran Syeh Mudawi dari Sudan itu sangat membantu meningkatkan kemampuan para asatidz dalam hal pemahaman dan penguasaan Bahasa Arab. “Kehadiran Syeh lebih kepada menambah wawasan kebahasaan. Seperti beliau ingin agar para asatidz mengetahui point-point penting dalam belajar Bahasa Arab dan tentang macam-macam bahasa Arab itu apa saja. Syeh juga tak sungkan untuk membagi pengalaman dan memberi wawasan bahaa bahasa Arab bukan hanya untuk orang Arab saja tetapi juga penting bagi orang Islam.

Adapun para asatidz yang menjadi mentor, lanjut Ustadz Pandi, yakni Ustadz M. Fatihul Haq, Ustadz Fuad Fathurrahman, B. Sh., Ustadz Didi Prayogi, Lc., Ustadz Muhamad Hasan, S.S., Ustadz Sukirno, Lc., MA., Ustadz Hendi Yudi Saputra, Lc., Ustadz Mansur Hidayat, Lc., Ustadz M. Noor Hidayah, S.Pd., Ustadzah Erna Wahyu Wulandari, S.Pd., Ustadzah Evy Nur Hidayati, S.Pd., Ustadz Fachri Afifudin, S.Pd., Ustadz Istan Yoga Prakoso, S.Pd., Ustadz Jamal Linggar Setiawan, S.Pd., dan Ustadzah Nurul Faizah, S.Pd. I.

Kegiatan IHT secara resmi dibuka oleh Dewan Pembina PPM Zamzam Bapak H. Casiwan HS., bersamaan dengan acara  Silaturrahim Keluarga Besar PPM Zamzam Muhammadiyah Cilongok, pada Senin, (24/05). Adapun tujuan dari IHT ini sebagaimana disampaikan Kepala HRD- PR PPM Zamzam, Ustadz M. Djohar, M.Pd.

“Silaturahim sebagai bentuk usaha untuk mewujudkan ukhuwah (Persaudaraan), sebab itu sangat penting dalam usaha pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Tanpa adanya ukhuwah tentu akan sulit untuk mengembangkan SDM di Pondok Pesantren kita. Salah satu faktor pendukung dalam usaha meningkatkan SDM, yakni penguasaan atau kemampuan di bidang bahasa asing, dalam hal ini bahasa Arab dan bahasa Inggris. Untuk itu Asatidz/ karyawan PPM Zamzam diwajibkan mengikuti kegiatan In house Training (IHT),” terangnya. Dicontohkan, PPM Zamzam dalam opini masyarakat dinilai baik, salah satunya dalam hal kemampuan para santrinya baik di bidang bahasa maupun tahfiz. Namun, ketika kita melihat ke dalam tentunya masih tidak sama persis sebagaimana apa yang dinilai masyarakat.  “Untuk itu harus ada upaya kegiatan untuk mensejajarkan antara apa yang digambarkan masyarakat itu agar tidak jauh berbeda dengan kapasitas yang ada,” jelas Ustadz Djohar. *h

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *