25.9 C
Purwokerto
Rabu, 30 November 2022
spot_img

SMP & SMA MBS ZAM-ZAM RAIH 13 KEJUARAAN OLIMPICAD 2021

(INFO ZAM ZAM) Olympic Ahmad Dahlan (OlympicAD) merupakan program tahunan yang diselenggarakan Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah dan berjenjang sampai tingkat nasional. Tahun ini, tema yang diangkat adalah Mewujudkan Pendidikan Muhammadiyah Jawa Tengah yang Unggul, Kompetitif, dan Berkemajuan. Dalam event bergengsi ini Pondok Pesantren Modern (PPM) Zam Zam melalui satuan pendidikan SMP dan SMA MBS Zam-Zam Muhammadiyah mengirimkan delegasinya untuk mengikuti final yang digelar pada Kamis, (23/12/2021) di kampus Universitas Muhammadiyah Semarang. Menurut Kepala Bagian Bina Prestasi PPM Zam Zam, Ustadz Ardina Yudha D. S.Pd., menyampaikan bahwa pondok mengirimkan 17 santri/ siswa dengan 13 mata lomba yang diikuti. “Alhamdulillah semuanya berhasil meraih kejuaraan dengan peraihan tingkat yang variatif,” katanya.

Dijelaskan, ketiga belas mata lomba yang berhasil dimenangkan terdiri dari Hifzil Qur’an juara juara 3; MFQ putri juara 1; MFQ putra juara 3; Newsreading SMA juara 1; Newsreading SMP juara 2; Ismu English SMA juara 1; Ismu Arabic SMA juara 3; Ismu Arabic SMP juara 1; Ismu English SMP juara 1; Geografi juara 2; Fisika juara 2; Matematika juara 3 terdiri dua santri.

Dalam babak penyisihan yang dilakukan secara daring pada Selasa, (21/12) dilakukan Lab. Komputer sebanyak dua tahap dengan dikawal para guru/ ustadz pendamping. Dari 17 mata lomba ternyata yang lolos ikut babak final hanya 13 dengan jumlah santri 17 yang berangkat ke Semarang ditambah tiga pendamping dari Binpres dan dua ustadz pengampu yang melatih santri sekaligus sebagai motivator. Saat prosesi pemberangkatan dan doa dipimpin oleh Kepala SMA MBS Zam-Zam sekaligus Wadir Tarbiyah, Ustadz Pandi Yuron, B.Sh. M.H., dan Kabag Bina Prestasi Ustadz Ardina.

Sebagai tambahan informasi, penyelenggaraan OlympicAD ini Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng menggandeng Majelis Dikdasmen 35 Kabupaten/Kota, Forum Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS) SD/MI. SMP/MTs, SMA/MA dan SMK Muhammadiyah serta Forum Guru Muhammadiyah (FGM) Jawa Tengah.  Tujuan penyelenggaraan program ini guna mengembangkan minat dan bakat siswa Sekolah/Madrasah Muhammadiyah di Jawa Tengah melalui beberapa cabang lomba. Terdapat 22 cabang lomba dan 44 kejuaraan. Baik diperuntukkan bagi Kepala Sekolah/Madrasah Muhammadiyah, Guru Sekolah/Madrasah Muhammadiyah, dan Siswa Sekolah/Madrasah Muhammadiyah. Adapun cabang lomba yang tersedia untuk siswa di antaranya Matematika, IPA, News Reading in English, Ismu in Arabic, Ismu in English, Musikalisasi Puisi, Seni Tari Kontemporer, dan lainnya. Sedangkan cabang lomba yang dapat diikuti oleh guru adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Kepala Sekolah/Madrasah bisa mengikuti cabang lomba Best Practice Sekolah.

“Karena dari pihak guru dan kepala sekolah sedang menghadapi tugas yang lebih utama, sehingga tidak jadi ikut berkompetisi, InsyaAllah di antara para juara dari santri itu ada beberapa yang akan maju di tingkat nasional,” Usatdz Ardi menambahkan. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru