29 C
Purwokerto
Senin, 20 Mei 2024
spot_img

RUMAH TAHFIDZ UNTUK SUKSESKAN PROGRAM TAHFIDZ PPM ZAM-ZAM

dsc07326
Kelas 8B SMP MBS

Keberadaan rumah tahfidz di Jalan Curuk Cipendok, Desa Karanglo yang berada di barat laut area Kampus 3 Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Desa Karanglo, Cilongok, fungsinya semakin maksimal sebagai sarana pendukung adanya program kelas tahfidz. Terbukti sejak Oktober hingga November 2023 telah berlangsung kegiatan Dauroh Tahfidz sebanyak tiga kali. Waka Bagian Tahfidz dan Keagamaan Kampus 1, Ustadz Muhamad Hasan, S.S., menyampaikan akan hal itu. Katanya, sebelum adanya rumah tahfidz, kegiatan dauroh dilakukan di asrama kampus masing-masing atau sesekali menyewa tempat di luar pondok pesantren. Kini semua kegiatan dauroh dipusatkan di rumah tahfidz.

“Dengan adanya rumah tahfidz ini tidak lain bertujuan untuk mendongkrak keseriusan para santri dalam meningkatkan hafalannya agar lebih maksimal. Diharapkan para santri lebih fokus dan khusus untuk menghafal, sehingga waktunya lebih efektif. Para santri lebih banyak dalam berinteraksi dengan al Qur’an, menambah hafalan, murajaah dan riyadah,” terang Ustadz Hasan. Selama sepekan, lanjut Ustadz Hasan, pada intinya kegiatan dauroh ini fokus untuk penambahan hafalan dan murajaah. Meski ada sisi waktu untuk kegiatan lain, seperti olahraga ataupun sharing dengan muhafidz.

dauroh thfid putri 01
dauroh thfid putri 01
dauroh thfid putri 04
Kelas Khatimin SMA MBS

Hal senada dibenarkan oleh Waka Bagian Tahfidz dan Keagamaan Kampus 3, Ustadz Abdurrozak Fakhrudin, S.H., katanya, di awal November sejak Ahad, (05/11) hingga Sabtu (11/11/2023), di rumah tahfidz sedang berlangsung dauroh tahfidz bagi santri kelas 8 B. Selama sepekan mereka secara khusus mengikuti kegiatan dauroh dengan target tertentu untuk menambah hafalan al Qur’an dan murajaah.

“Selama sepekan santri yang ikut kegiatan ini hanya untuk menghafal al Qur’an dengan target yang telah ditentukan,” katanya. Dijelaskan, di bulan Oktober, kelas 9 juga telah mengikuti kegiatan dauroh tahfidz yang  berlangsung selama sepekan pada Ahad-sabtu (1-7/10/2023). Dalam kegiatan itu para santri yang berjumlah 30 anak dibawah bimbingan muhafidz dari kampus 3, ustadz Hafidz Abdullah. Selama para santri menghafal al Qur’an, mereka tidak dibebani dengan kewajiban mengikuti pelajaran baik KBM di siang hari maupun keriayahan. Mereka hanya fokus untuk menghafal al Qur’an. Adapun pencapaian hafalan para santri secara keseluruhan rata-rata sudah supuluh hingga belasan juz.

Tak hanya bagi santri putra, santri putri dari kampus 2 juga telah merasakan kegiatan dauroh tahfidz khusus khatimin yang diikuti oleh 19 santri dari kelas 10 dan 12. Kegiatan berlangsung selama empat hari sejak Selasa – Jumat (24-27/10/2023). Dikatakan Muhafidzah PPM Zam-Zam putri, Ustadzah Kusnaeni, S.Pd., bahwa target hafalan selama empat hari, para santri dapat menghafal al Qur’an sebanyak 2 juz.

“Sebelum ikut dauroh, jumlah hafalan santriwati ini berbeda, tetapi kami rata-ratakan untuk yang tertinggi yaitu sudah selesai 30 juz, ada yang 25 juz dan 24 juz, sedangkan terendah masih 5 juz,” kata Ustadzah Kusnaeni selaku Waka Tahfidz dan Ibadah PPM Zam-Zam putri.

Dijelaskannya, setelah mengikuti daurah selama empat hari, terbukti hafalan santriwati semakin bertambah. hal itu dikarenakan antusiasme peserta yang begitu bagus dan santriwati ingin sekali bisa melebihi hafalan seperti biasanya di pondok pesantren.

Dengan demikian, sebagaimana dikatakan Ustadz Hasan mengenai keberadaan rumah tahfidz ini benar-benar sangat efektif dan sangat berfungsi dalam mendukung uksesnya program tahfidz yang merupakan salah satu program unggulan Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah. Insya Allah. * h

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru