29 C
Purwokerto
Senin, 20 Mei 2024
spot_img

RAGAM KEGIATAN MENGISI HARI MAULID NABI DI PPM ZAM-ZAM #Dari Gerakan Membersihkan Mushalla hingga Seminar Genre

dsc06128
Kampus 1
dsc06222
Kampus 1
dsc06204
kampus 1

(NFO ZAM-ZAM) – Hari libur dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam pada 12 Rabiul Awal yang bertepatan Kamis (28/09/2023) di Pondok Pesantren Modern (PPM) Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok diisi dengan bermacam kegiatan bermanfaat. Seperti di kampus 1 Desa Pernasidi kegiatan yang prakarsai Pimpinan Ranting IPM, menggelar Festival Maulid Nabi (Fesmana). Di kampus 2 Pondok Putri mengadakan Seminar Genre yang diselenggarakan oleh PIK – R SMA MBS Zam-Zam. Sedangkan di kampus 3 Desa Karanglo para santri melakukan gerakan bersih-bersih mushalla di sekitar Desa Karanglo. Adapun acara Fesmana dibuka oleh Kepala Asrama 1, Ustadz M. Thoriq Nur Ikhsan, M.Pd., sedangkan seminar di kampus 2 menghadirkan narasumber dari Penyuluh KB Kecamatan Cilongok, Ruswan, S.Sos dengan materi berjudul ‘Generasi yang Hebat’.

“Salah satu karakter generasi yang hebat, adalah para remaja yang memiliki perilaku hidup sehat. Adapun ciri-cirinya, remaja yang mengetahui tujuan hidup, remaja yang memahami faktor penghambat juga memahami pendukung perkembangan kematangannya, remaja yang pandai bergaul secara bijaksana serta memiliki kesadaran untuk terus memperbaiki diri sendiri,” terang Ruswan di depan para santri putri.

dsc06499
Kampus 2
dsc06373
Kampus 2

Dihadapan santri putra, ustadz Thoriq ketika memberikan sambutan dalam pembukaan Fesmana, lebih menekankan tentang pemahaman hukum perayaan maulid Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wasallam, baik bagi warga Muhammadiyah secara umum dan khususnya para santri PPM Zam-Zam sebagai kader Persyarikatan Muhammadiyah.

“Pada prinsipnya Tim fatwa Majelis Tarjih Muhammadiyah itu belum pernah menemukan dalil tentang perintah menyelenggarakan peringatan maulid Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam juga belum pernah pula menemukan dalil yang melarang penyelenggaraannya,” urai ustadz Thoriq.

dsc06423
santri kampus 3
dsc06424
Aksi bersih Mushalla

Dijelaskan, selagi dalam peringatan maulid Nabi diisi dengan kegiatan yang tidak mengandung unsur kemusyrikan, kemungkaran dan kesia-siaan, itu boleh. Sebagaimana yang dilakukan IPM Kampus 1 yakni menggelar lomba pidato, kaligrafi, adzan dan murotal.

Sementara santri di kampus 3, dikatakan Waki Kepala Asrama, ustadz Dai Bahtiar, dalam kegiatan bersih-bersih mushala para santri dibagi menjadi tujuh kelompok, kemudian disebar di tujuh tempat baik itu mushalla maupun masjid. Kegiatan bersih-bersih dimulai dari jam 08.00 – 10.00 WIB. *

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru