28.8 C
Purwokerto
Kamis, 01 Desember 2022
spot_img

PEMBENTUKAN DUTA PIK-R SMA MBS ZAM-ZAM

#PIK-R: Menyiapkan Generasi Muda Berkualitas

(INFO ZAMZAM) – Pembentukan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R) SMA MBS Zam-Zam Cilongok berlangsung pada Rabu, (19/10) di aula Komplek Perguruan Muhammadiyah Cilongok. Dalam sambutannya, Kepala SMA MBS Zam-Zam, Ustadz Pandi Yusron, B.Sh., M.H mengatakan bahwa dengan kegiatan ini supaya PIK R yang belakangan tidak aktif, bisa diaktifkan kembali. Sehingga dapat membawa dampak positif dan bermanfaat.

“Diharapkan nantinya para santri perwakilan yang mengikuti kegiatan ini menjadi duta PIK R dan bisa saling besinergi dengan organisasi santri yang sudah ada,” katanya.

Kepala SMA MBS Zam-Zam Ustadz Pandi Yusron, B.Sh., M.H

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Kabid KBKS, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana  Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A), Dra. Diah Pancasilaningrum dan stafnya. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa PIK-R merupakan wadah bagi para remaja untuk melaksanakan program kegiatan Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi dalam mempersiapkan kehidupan berkeluarga.

“Pembentukan PIK-R ini sangat penting Karena dengan keberadaan PIK-R para remaja diharapkan dapat terhindar dari berbagai perilaku negatif seperti penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas dan sebagainya, sehingga remaja dapat tumbuh dan berkembang menjadi Generasi Berencana (Genre) yang sehat, cerdas dan ceria,” katanya.

bb33815e b102 4a75 b2c1 a1274655a414

Adapun pentingnya melakukan penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, lanjutnya, agar wawasan mereka tentang generasi berencana bertambah dan sikap kritis  juga serta mampu menghadapi tantangan globalisasi. Selain itu PIK remaja juga mempunyai peran dalam upaya pengendalian penduduk dengan mencegah pernikahan usia dini.

Ada dua materi yang disampaikan di depan duta PIK Remaja baik santri putri maupun santri putra SMA MBS Zam-Zam. Yaitu materi mengenai pengenalan ‘Bahaya Sex Bebas pada Remaja’ yang disampaikan oleh Kepala Puskesmas Cilongok 1, dr. Nurul Eka Santi. Sedangkan materi kedua tentang pentingnya ‘ Menyiapkan Generasi Muda Berkualitas’ oleh Guru BK Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah, Ustadzah Melsani, S.Sos., M.A.

Kepala Puskesmas Cilongok 1, dr. Nurul dalam uraian makalahnya antara lain menguraikan tentang pengertian Sex bebas, Alasan mengapa para siswa remaja harus tahu, serta kiat-kiat yang perlu dibangun agar terhindar dari sex bebas.

“Yaitu harus membangun hubungan baik dengan orang tua. Kemudian pentingnya penguatan nilai agama dan moral paada diri, selektif dalam berteman serta mengikuti kegiatan yang positif,” terangnya.

Sedanghkan Ustadzah Melsani, melalui tentang ‘Menyiapkan Generasi Muda yang Berkualitas’, ia memberikan beberapa resep yang meliputi beberapa tahapan. Sebagaimana dituliskan dalam makalahnya, Resep pertama adalah menyesusun prioritas.  Resep kedua, fokus pada keunggulan. Resep ketiga, mengambil tanggung jawab. Resep keempat, terus memperbaiki diri. Resep kelima, bermanfaat bagi sesama.

“Setiap orang memiliki keunggulan dan kekurangan, tidak mungkin menjadi manusia sempurna, karena itu orang besar memfokuskan pada bidang di mana ia memiliki keunggulan dan kemudian mempertajam pilihannya sebagai jalan hidup daripada fokus pada kekurangannya,” terang Ustadzah Melsani menjabarkan salah satu resepnya. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru