27.6 C
Purwokerto
Jumat, 27 Januari 2023
spot_img

Pemanfaatan Media Canva Bagi Guru dan Siswa Melalui Akun belajar.id

Oleh: Sovia Dewi Indriati, S.Si. *)

Perkembangan teknologi yang begitu cepat memberikan banyak dampak dan perubahan tatanan di berbagai segi kehidupan tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Kemajuan teknologi yang ada membuat sumber belajar tidak lagi hanya terpaku pada guru dan buku semata. Dalam proses pembelajaran pun demikian, proses transfer ilmu dari pendidik kepada peserta didik tidak cukup lagi disampaikan hanya dengan menggunakan metode ceramah di dalam ruang kelas dan seorang guru tidak lagi berperan sepenuhnya sebagai sumber dari pengetahuan. Perkembangan dunia digital yang begitu cepat membuat para guru dan siswa dapat mengakses berbagai sumber informasi dan sumber belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi pada akhir tahun 2020 telah merilis akun belajar.id sebuah teknologi pendidikan yang dapat membantu para peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dalam proses kegiatan belajar mengajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Banyak platform yang bisa digunakan guru dan siswa untuk menunjang proses pembelajaran termasuk di dalamnya proses KBM yang bisa dilakukan secara daring. Selain berbagai platform yang sudah ada, Kemendikbud ristek juga menggandeng pihak luar yang salah satunya adalah Canva untuk lebih memberikan banyak lagi inovasi-inovasi pembelajaran di era digital.

contoh poster
contoh poster

Canva merupakan aplikasi desain grafis yang menyediakan banyak template yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan termasuk di antaranya adalah keperluan untuk kegiatan belajar mengajar. Banyak template yang tersedia seperti poster, iklan, brosur, infografis, presentasi dan masih banyak lagi yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih kreatif dan menyenangkan. Dengan mengakses Canva for education melalui akun belajar.id para guru dan siswa selain dapat memanfaatkannya untuk menyelesaikan tugas tugas pembelajaran juga dapat melatih kreatifitas melalui kegiatan desain grafis yang ada. Pemanfaatan Canva for education melalui akun belajar.id memberikan begitu banyak manfaat bagi para guru, siswa dan juga sekolah.

  1. Bagi para guru

Dengan memanfaatkan Canva melalui akun belajar.id, para guru diharapkan bisa lebih inovatif dalam menyiapkan proses pembelajaran. Guru dapat berkreasi melalui Canva seperti membuat materi melalui slide presentasi, video pendek, poster, infografis dan menu lainnya agar penyampaian materi kepada siswa bisa lebih menarik, selain itu guru juga bisa memberikan tugas tugas kepada siswa melalui pemanfaatan aplikasi Canva ini seperti tugas membuat iklan atau tugas membuat materi untuk dipresentasikan.

  1. Bagi siswa

Dengan memanfaatkan Canva melalui akun belajar.id para siswa diharapkan akan lebih semangat lagi dalam belajar karena disamping dapat mengerjakan tugas tugas sekolah para siswa juga dapat melatih kreatifitas melalui kegiatan desain grafis yang ada. di era digital seperti sekarang ini tugas tugas seperti membuat iklan, poster, dan membuat materi untuk dipresentasikan akan lebih menarik dan lebih menyenangkan apabila didukung dengan perkembangan teknologi yang ada yang memudahkan siswa dalam belajar. Para siswa dapat menggunakan banyak template yang tersedia di Canva untuk kemudian diedit dan diproses ke dalam berbagai karya grafis yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Selain itu para siswa juga dapat mengasah kreativitas pengelolaan kelas melalui Canva ini seperti pembuatan jadwal piket, struktur organisasi kelas dan berbagai poster yang dapat memperindah ruang kelas dengan pemanfaatan berbagai menu yang tersedia di aplikasi Canva ini.

  1. Bagi sekolah

Dalam menarik minat para calon peserta didik sekolah perlu membuat terobosan-terobosan promosi yang menarik. Namun terkadang sekolah terkendala dengan tenaga yang memiliki keahlian dalam bidang desain grafis untuk membuat brosur dan berbagai media yang dibutuhkan untuk kegiatan promosi sekolah yang pada akhirnya sekolah harus menggandeng pihak luar dalam membuat media promosi untuk kegiatan PPDB. Dengan memanfaatkan Canva melalui akun belajar.id ini, kini sekolah dapat lebih mudah untuk menyusun dan membuat sendiri berbagai media promosi seperti brosur, pamflet, poster, postingan di media sosial dan berbagai media lain yang diperlukan untuk promosi kegiatan penerimaan peserta didik baru. Selain itu sekolah dapat memanfaatkan penggunaan Canva ini untuk berbagai keperluan seperti pembuatan pengumuman sekolah, pembuatan laporan, pembuatan kalender sekolah dan berbagai keperluan lain yang dapat dikerjakan melalui aplikasi Canva ini.

Dengan pemanfaatan aplikasi Canva melalui akun belajar.id diharapkan akan memberikan banyak inovasi dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar. Dengan menggunakan Canva for education ini pula, baik guru dan siswa secara tidak langsung selain belajar tentang materi dari setiap mata pelajaran tertentu juga belajar berkreativitas mengasah keterampilan dalam desain grafis yang diharapkan nantinya menjadi bekal kewirausahaan di masa yang akan datang dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada. *

*) Penulis adalah Guru SMA MBS Zam-Zam Cilongok

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru