29.1 C
Purwokerto
Jumat, 27 Januari 2023
spot_img

PAS GASAL RI’AYAH PONTREN MODERN ZAM-ZAM MUHAMMADIYAH CILONGOK

(INFO ZAM-ZAM) – Para santri SMP dan SMA MBS –Pondok Pesantren (Pontren) Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok baik putra maupun putri begitu selesai mengikuti Penilaian Akhir Taun (PAT) Gasal mereka tidak secara otomatis terbebas dari tugas kegiatan belajar sebagaimana di jadwal sekolah formal pada umumnya. Sebagai siswa sekaligus santri Pontren, selain telah menempuh PAS Gasal  sesuai Kurikulum Nasional, mereka masih harus menjalani penilaian wajib sebagai santri Pontren. Yakni PAT Gasal ri’ayah atau kepondokan. Pelaksanaannya juga beda. Sebagaimana terjadwal, untuk PAS materi tahfizh dimulai seusai Subuh, dilanjutkan pagi hingga siang dan malam hari setelah Isya. Kegiatan PAT Ri’ayah berlangsung sejak Senin, (5/12/2022 dan akan berakhir pada Sabtu, (10/12/2022) di kampus 1, 2  Desa Pernasidi dan dan kampus 3 Desa Karanglo. Wakil Direktur Ri’ayah Putri, Ustadzah Siti Chomsiyah, S.Pd.I., menghimbau kepada para santri agar tetap semangat dalam melaksanakan PAS Gasal Keri’ayahan, senantiasa menjaga kesehatan dan menjunjung tinggi sikap jujur.

img 0761
img 0761
img 0784
img 0784

“Diharapkan anak-anak melaksanakan ujian dengan semangat dan jujur serta selesai tepat waktu hingga targetnya tercapai,” kata Ustadzah Siti.

Selain itu, ia sangat berharap kepada para santri, selain memahami mata pelajaran yang diujikan juga lebih dari itu dapat betul-betul nilai-nilainya dapat ditanamkan dalam hati dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari juga tentunya mendapatkan nilai yang memuaskan.

img 0746
img 0746
kepondokan putri 2
kepondokan putri 2
kepondokan putri
kepondokan putri

Adapun jadwal PAS Gasal itu sendiri menjadi bagian dari serangkaian kegiatan amal keseharian seperti salat Tahajud dan salat subuh. Kemudian mulai jam 05.00 – 05.40 WIB melaksanakan ujian Tahfizh. Setelah selesai MCK dan sarapan pagi, kegiatan PAS dilanjutkan lagi pada jam 07.30 s.d 11.30 WIB. Kemudian jadwal PAS malam hari dilaksanakan setelah salat Isya.

PAS GASAL Kepondokan itu sebagaimana disampaikan salah seorang penguji materi kebahasaan, ustadz Nurrochim Fadhli, meliputi materi Tahfizh, Ujian Bahasa, Ujian Ta’lim. Sedangkan ujian bahasa mencakup bahasa Arab dan bahasa Inggris baik percakapan maupun tulis. Sedangkan ujian ta’lim antara lain hafalan hadits dan doa keseharian. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru