(INFO ZAMZAM) – Kegiatan Lomba Karya Tulis dan Seni (LKTS) Tahun Pelajaran 2020-2021 Pondok Pesantren Modern (PPM) Zamzam Muhammadiyah Cilongok kembali digelar. Ajang ini selain untuk menggali minat bakat sekaligus memacu semangat juga menyiapkan santri untuk mengikuti event/lomba karya tulis dan seni di level kabupaten, provinsi, dan nasional.
“Melalui lomba ini sebagai upaya untuk menghimpun karya tulis terbaik menjadi sebuah buku dan menumbuhkan budaya literasi di lingkungan pondok pesantren, baik di unit SMP maupun SMA dan kelas khusus,” ungkap Penanggung Jawab lomba, Ustadz Pandi Yusron, B.Sh., M.H.


Dijelaskan Ustadz Pandi yang juga Kepala SMA MBS Zamzam, budaya baca tulis itu sendiri merupakan anjuran Allah Subahanahu wata’ala, sebagaimana termaktub dalam surat Al Qalam ayat 1. ‘Nun wa al-qalami wa ma yasturun.’ Nun, demi qalam dan apa yang mereka tulis.’
“Ayat tersebut merupakan petunjuk dan sumber inspirasi dunia mengenai pentingnya tradisi menulis untuk membangun peradaban. Menulis menuntut adanya ilmu, keterampilan, dan riset, sehingga kegiatan tulis menulis menjadi faktor terpenting dalam membangun peradaban manusia, terutama dalam rangka mendakwahkan ilmu pengetahuan ke seantero dunia. Dengan tulisan, ilmu yang kita miliki bisa ditularkan kepada generasi secara turun temurun, bahkan saat penulis sudah tiada, ilmunya masih hidup karena karya tulisannya dibaca oleh generasi-generasi berikutnya. Imam Muhammad bin Idris Al-Syafi’i misalnya, usianya 54 tahun, tapi keilmuannya lintas generasi karena karya-karya tulisnya yang begitu banyak dan bermanfaat. Oleh karenanya Imam Syafi’i pernah berpesan, al-‘ilmu shaidun wa al-kitabatu qaiduhu: ilmu itu ibarat hewan buruan, dan menulis adalah tali pengikatnya,” paparnya mencontohkan.
Adapun secara teknis menurut Ketua Panitia LKTS 2021, Ustadz Nanang Rahmat Hidayat, S.Pd.‎, M.Pd.‎, mengatakan bahwa LKTS tahun ini mengusung tema, ‘Karakter Remaja Ideal dalam Menghadapi Peradaban Digital.’ Dengan sasaran peserta seluruh santri Pondok Pesantren Modern Zamzam Muhammadiyah di unit SMP MBS Zamzam, SMA MBS Zamzam dan kelas khusus. Memperebutkan hadiah uang pembinaan total nilai tujuh juta lebih, piagam dan buku cetak hasil karya para pemenang atau karya terpilih,” rincinya.
Adapun tata cara dan syarat lomba dapat dibaca di brosur/ pamvlet yang telah dibagikan di tiap kelas ataupun di papan pengumuman dan medsos PPM Zamzam. Jenis lomba meliputi Artikel Bahasa Indonesia, Komik Bahasa Indonesia, Cerpen Inspiratif Bahasa Indonesia, Puisi Bahasa Indonesia, Puisi Bahasa Arab Kesesuaian, Puisi Bahasa Inggris, Poster dan Kaligrafi. * (h)

Para santri Putri Pemenang LKTS 2019-2020

Para santri Putra Pemenang LKTS 2019-2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *