(INFO PPM ZAMZAM) – Sebanyak 312 Santri putra-putri kelas IX Pondok Pesantren Modern (PPM) Zamzam Muhammadiyah Cilongok memanfaatkan liburan akhir Tahun Ajaran 2020/ 2021 dengan mengikuti Dauroh Tahizh Al Qur’an (menghafal al Qur’an). Kegiatan bertema, ‘Membumikan Kalam Illahi di Bumi Pertiwi,’ ini dilaksanakan selama dua pekan sejak Selasa (1/6) dan akan berakhir –InsyaAllah– pada Senin, (14/6/ 2021) bertempat di pondok putra dan putri.

Ketua Panitia, Ustadz Fachri Afifudin, S.Pd., menyampaikan bahwa Dauroh Tahfizh sebagai program tahunan merupakan salah satu aktivitas terbaik yang harus dibiasakan bagi santri, terlebih di masa pandemi seperti era sekarang. “InsyaAllah kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang efektif dalam usaha meningkatkan sekaligus sebagai moment untuk assessment perolehan hafalan peserta didik SMP MBS Zamzam Cilongok selama belajar di institusi ini yakni berupa kegiatan Dauroh Tahfizh Al Qur’an. Sebab kegiatan tahunan ini merupakan serangkaian kegiatan yang dikemas dengan target terukur dan sistematik serta dalam waktu yang relatif singkat. Program ini juga menawarkan target dapat menghafal Al Qur’an dalam waktu tertentu,” ungkapnya. 

Dijelaskan, lulusan SMP MBS Zamzam Muhammadiyah Cilongok mempunyai kompetensi hafal 3 juz al qur’an. Untuk merealisasikan terwujudnya peserta didik yang berkompeten seperti yang dimaksud, SMP MBS Zamzam Muhammadiyah telah banyak melakukan kegiatan pembelajaran khususnya tahfizhul qur’an dengan metode ‘Halaqah Tahfizhul Qur’an’ yang dibimbing musyrif dan musyrifah.

“Dauroh Tahfizh Al Qur’an SMP MBS Zamzam juga merupakan fasilitas kegiatan bagi santri untuk fokus menghafal  Al Qur’an. Sekaligus untuk menguji ketercapaian KKM peserta didik dalam menghafal Al Qur’an selama berada di pesantren,” kata khafizdah Ustadzah Kusnaeni, selaku Kepala Bagian Tahfizh Putri.

Dalam kegiatan ini, para santri putra dan putri masing-masing dibagi menjadi 10 dan 12 kelompok dengan jadwal kegiatan tiga kali dalam sehari, meliputi Sesi 1 jam 05.00-06.30 WIB, Sesi 2 jam 08.30-11.30 WIB dan Sesi 3 jam 5.30-17-00 WIB.

Ditambahkan, target standar 3 juz adalah untuk santri selain kelas Tahfizh. Jika mereka sebelumnya telah memenuhi target minimal, maka selama dauroh ini kesempatan untuk menambah hafalan sesuai kemampuan. Sedangkan khusus bagi kelas Tahfizh, target pertahun 5 juz. “Dari tahun pertama juz 30, 29 1, 2 dan 3 untuk kelas VII. Pada tahun kedua juz  4, 5, 6, 7 dan 8 untuk kelas VIII kemudian kelas IX  juz 9, 10, 11, 12 dan 13. Target hafalan hingga kelas IX adalah 15 juz,” urainya. (h)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *