… Di antara indikator ilmu kalian baik adalah kalian memberikan manfaat. Semakin tinggi ilmu seseorang seharusnya semakin banyak memberi manfaat. Jika semakin tinggi ilmu seseorang tetapi justru kemanfaatannya tidak ada, maka ini perlu diwaspadai,” pesan Direktur PPM Zam Zam, ustadz Arif Fauzi, Lc., M.Pd.

(INFO ZAMZAM) – Apel Halal bi Halal seluruh santri dengan Asatidz Pondok Pesantren Modern (PPM) Zam Zam Muhammadiyah Cilongok berlangsung di tiga tempat secara serentak pada Kamis (12/05/2022) pagi, di halaman pondok putra pusat dengan pembina apel oleh Direktur PPM Zam Zam, Ustadz Arif Fauzi, Lc., M.Pd., adapun di pondok putri pembina apel oleh Wadir Ri’ayah Putri, ustadzah Siti Chomsiyah, S.Pd.I., sedangkan pembina apel di PPM Zam Zam Kampus 2 di Desa Karanglo, Cilongok oleh Kepala Asrama, Ustadz Semi Priyatno, S.Pd.  

santri putri

Nasihat yang disampaikan Wadir Ri’ayah putri, Ustadzah Siti Chomsiyah, agar seluruh santri juga asatidzah tetap istiqomah menjalankan amal ibadah sebagaimana amaliyah yang telah ditekuni selama Ramadhan, juga mengingatkan agar santri untuk selalu menegakkan budaya disiplin.

“Setelah selesai menjalani puasa Ramadhan, hati kita, diri kita sudah dibersihkan oleh Alloh dari dosa-dosa maksiat, hawa nafsu yang buruk sehingga menjadi suci lagi. Maka marilah kita terus berusaha agar terus menjaganya setelah Ramadhan. Semoga kita semua menjadi orang yang lebih baik, selalu bersikap baik, disiplin seperti santri atau menjadi santri di manapun dan kapanpun,” pesannya. Setelah itu selaku Wadir dan mewakili para ustadzah, beliau menyampaikan permohonan maaf kepada para santri.

santri PPM Zam Zam Karanglo

Sedangkan direktur PPM Zam Zam, Ustadz Arif dalam nasihatnya lebih menekankan pentingnya buah keimanan, ilmu dan perwujudan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari di pesantren sebagai indikator keberhasilan penuntut ilmu.

“Dengan semakin bertambah ilmu maka semakin meningkat kedewasaan. Semakin tinggi ilmu seorang, seharusnya semakin paham, mana yang perilaku baik dan mana yang tidak baik. Yang tidak baik ditinggalkan, yang baik dilaksanakan. Setiap hari kalian bersama asatidz, bersama-sama di majlis ilmu ini untuk menjadi orang-orang yang lebih baik. Di antara indikator ilmu kalian baik adalah kalian memberikan manfaat. Semakin tinggi ilmu seseorang seharusnya semakin banyak memberi manfaat. Jika semakin tinggi ilmu seseorang tetapi justru kemanfaatannya tidak ada, maka ini perlu diwaspadai,” urai Ustadz Arif.

Selanjutnya, Direktur menyebutkan sebuah hadist tentang permohonan perlindungan kepada Allah sebagaimana dicontohkan Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam, “Ya Allah. Aku berlindung kepada Mu dari ilmu yang bermanfaat, hati yang tidak khusyu, dan dari jiwa yang tidak pernah puas, serta doa yang tidak terijabahi.’ (HR. Muslim)

santri Putra Pondok Pusat

Ditegaskan, bahwa wujud perilaku dewasa, maka suasana kebersamaan dan semangat menuntut ilmu dan perilaku akhlak mulia di pondok pesantren idealnya semakin meningkat sedangkan perbuatan yang tidak mencerminkan akhlak mulia semakin dijauhkan, salah satunya sikap merasa sebagai santri senior yang arogan apalagi merasa berkuasa.

“Tidak ada perasaan sebagai santri senior lantas merasa berkuasa, justru yang senior menyayangi yang yunior, dan para yunior menghormati yang senior, semuanya berada dalam kerangka kekeluargaan,” tandasnya.

Sedangkan wejangan yang disampaikan Ustadz Semi di hadapan para santri di PPM Zam Zam Karanglo, mencakup tiga hal. Pertama, agar para santri untuk memperbarui niat. Kedua para santri bersiap menjadi kader persyarikatan dan kader bangsa. Ketiga, siap menjadi manusia yang bermanfaat. *(h)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.