24.3 C
Purwokerto
Senin, 20 Mei 2024
spot_img

PENAMBAHAN FASILITAS PERPUSTAKAAN DI KAMPUS 2 PPMZ PUTRI

#Kunjungan SMPM 3 Purwokerto ke PPM Zam-Zam

(INFO ZAM-ZAM) – Pentingnya efesiensi waktu bagi santri dalam kegiatan literasi membaca,   perpustakaan MBS  Zam-Zam kini bertambah fasilitasnya. Keberadaan perpustakaan induk di Pondok Pesantren Modern (PPM) Zam-Zam Muhammadiyah Kampus 1 Putra,  bertambah lagi  fasilitas baru di Kampus 2 P-P-M – Zam-Zam Muhammadiyah Putri. Diharapkan, santri putri di kampus 2 lebih leluasa dengan durasi waktu yang lebih lama untuk melakukan kegiatan literasi membaca, karena berada di wilayah  pondok putri yang jam bukanya sampai malam.

Penambahan fasilitas perpustakaan di pondok putri ini diresmikan oleh Direktur PPM Zam-Zam Muhammadiyah, Ustadz Arif Fauzi, Lc., M.Pd., pada Senin, (24/7/2023). Turut hadir dan menyaksikan peresmian, yaitu Kepala Perpustakaan, Ustadzah Juni Prihati, SIP., beserta para ustadzah seusai Apel Senin pagi.

dsc05976

dsc05981

dsc05991

Peresmian fasilitas baca di pondok putri ini ditandai dengan seremoni pemotongan pita yang didahului dengan ucapan kalimat basmallah oleh Direktur. Setelahnya dilanjutkan dengan peninjuan ruang perpustakaan baru, koleksi buku, kitab referensi, ruang sirkulasi di perpustakaan yang berlokasi di lantai 3 gedung Walidah. Selain itu fasilitas pelengkap berupa ruang baca terbuka dengan meja duduk lesehan yang representatif disertai papan displai.

Perlu diketahui, Perpustakaan MBS Zam-Zam baik di kampus 1 maupun 2 ini merupakan satu kesatuan dari fasilitas yang diadakan oleh  PPM Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok. Tujuannya untuk memupuk dan menumbuhkan sekaligus mengembangkan minat dan bakat para santri, guru dan masyarakat pondok pesantren pada umumnya melalui kegiatan membaca dan menulis, memperkenalkan teknologi informasi serta membiasakan mengakses informasi secara mandiri.

Keberadaan Perpustakaan Induk, sejak tahun 2021 telah memperoleh Predikat B sebagaimana tersurat dalam dokumen Sertifikat Akrediatsi dengan Nomor 001911/ LAP.PS/VI 2021 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Keberhasilan prestasi itu telah ditunjukan dengan kelengkapan fasilitas perpustakaan yang memenuhi kesesuaian Standar Nasional Perpustakaan.

Kunjungan Kepala SMPM 3 dan Tim ke PPM Zam-Zam

dsc06021
perpustakaan kampus 1

dsc06028

dsc06037
SMPM 3 Study Banding di PPMZ – Kunjungi Perpus Pusat

Kepala SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto, H. Sugeng, S.Ag., M.Pd., beserta sejumlah guru pada hari yang sama, mengunjungi PPM Zam-Zam, salah satunya ke Perpustakaan MB Zam-Zam. Rombongan diterima langusng oleh Direktur PPM Zam-Zam, Ustadz Arif fauzi, Lc., M.Pd., didampingi Kepala SMP MBS Zam-Zam, ustadzah Evy Nurhidayati, S.Pd., dan Waka MBS Zam-Zam, Ustadz Fachri Afifudin, S.Pd., serta Kepala Perpustakaan, Ustadzah Yuni Prihati, SIP. Dalam kunjungan studi banding itu, dijelaskan beberbagai hal terkait pengelolaan perpustakaan dan sistem digitalisasi kartu perpus yang terintegrasi dengan kartu santri yang memiliki sejumlah fungsi, salah satunya berfungsi untuk peminjaman buku hingga ragam koleksi perpustakaan. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru