24.2 C
Purwokerto
Jumat, 19 April 2024
spot_img

KEGIATAN PPKKS 2022 SMP MBS ZAM-ZAM CILONGOK

#Lengkapi Kekurangan, Pertahankan Keunggulan

(INFO ZAMZAM) – Kepala SMP MBS Zam-Zam, Ustadzah Evy Nurhidayati, S.Pd., beserta Tim pengembang dari unsur guru dan tenaga kependidikan telah mengikuti Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah (PPKKS). Kegiatan penilaian dilakukan oleh Tim Asesor yang berjumlah tiga orang. Dua asesor dari Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas dan seorang dari Majlis Pendidikan dasar Menengah (Dikdasmen) Pimpinan daerah (PD) Muhammadiyah Banyumas. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu, (25/01/2022) bertempat di ruang rapat Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Kampus 3 desa Karanglo, Cilongok. Hadir dalam kegiatan ini, Pengawas Sekolah sekaligus Tim asesor dari Dindik Banyumas, Ida Yuningsih, S.Pd., M.Pd. dan Aji Kusumanto, S.Pd., M.Hum. Asesor dari Majelis Dikdasmen, Drs. HM. Ardani, M.Pd., Majelis Dikdasmen PCM Cilongok, M. Zaenal Abidin, S.Pd., dan Ustadz Drs. M. Djohar, M.Pd., selaku Kepala SMP MBS periode 2018-2022.

dsc00599
dsc00599
dsc00603
dsc00603

Dijelaskan dalam sambutan oleh Pengawas SMP, bahwa kegiatan PPKKS ini merupakan penilaian terhadap setiap butir kegiatan tugas kepala sekolah yang menjadi beban kerjanya dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan dan jenjang jabatanya. PPKKS juga merupakan agenda rutin tahunan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah tak terkecuali dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas yang bertujuan untuk melihat kinerja atau prestasi kepala sekolah selama masa satu tahun.

Dari hasil resume kegiatan, disampaikan bahwa sejumlah butir yang dinilai oleh para Tim Asesor, itu meliputi: Manajerial Sekolah yang terdiri dari Kewirausahaan, Pengawasan, Supervisi, Kepemimpinan. Evaluasi, Perencanaan dan Sistem Informasi dan manajemen. Adapun mengenai Delapan  Standar Nasional Pendidikan yang dipotret oleh para penilai meliputi Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar PTK, Standar Pengelolaan, Standar Sarana dan Prasarana, juga Standar Pembiayaan.

dsc00641
dsc00641
dsc00645
dsc00645

Kegiatan yang berlangsung sehari dari jam 09.00 s.d. 16.00 WIB, itu menurut laporan Kepala SMP MBS Zam-Zam, Ustadzah Evy Nurhidayati, melalui bagian sekretaris Tim Pengembang, ustadzah Nurjanah, menyampaikan bahwa para asesor baik dari Dindik Kabupaten Banyumas dan Majlis Dikdasmen PD Muhammadiyah Banyumas setelah memotret kondisi delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) di SMP Muhammadiyah Boarding School Zam-Zam Cilongok, hasilnya cukup memuaskan.

“Banyak pogram yang tidak ditemukan di sekolah lain. Namun, berjalan dan terlaksana dengan baik di SMP MBS Zam-zam Cilongok,” katanya. Diharapkan, kedepan beberapa kekurangan yang ada perlu segera dilengkapi dan yang sudah baik untuk dipertahankan menuju Akreditasi Nasional tahun 2024. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru