23 C
Purwokerto
Rabu, 05 Oktober 2022
spot_img

BUPATI BANYUMAS MEMBUKA ‘ZAMZAM EXPO 2022’:

PONTREN MODERN ZAM-ZAM SEMOGA MENJADI PENCERAH INDONESIA

(INFOZAMZAM) – Bupati Banyumas, Ir. H. Achmad Husein membuka ‘Zamzam Expo 2022’ di aula Kampus 2 Pondok Pesantren (Pontren) Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok, Jumat (26/8/2022). Kegiatan multi-event itu digelar selama tiga hari hingga Ahad (28/8) yang menyajikan pameran karya santri dan guru, launching buku karya santri, pentas seni, bazar kuliner dan donor darah bersama PMI Banyumas.

Bupati Husein berharap, dengan kegiatan ini akan semakin menambah nilai tambah bagi Pontren Modern Zam-zam dan menjadi besar yang tidak sekadar menjadi besar, tetapi juga kuat, akas, pandai dan tajam.

“Yakni berguna sehingga pontren ini memancarkan cahaya yang dapat menerangi dan membuat orang itu menjadi berilmu, sehingga berguna untuk memecahkan semua masalah. Baik masalah yang ada di dalam diri kita sendiri maupun sekitarnya. Juga sumber cahaya bagi lingkungan yang lebih jauh dari tingkat kabupaten hingga nasional,” kata Bupati. Seusai pembukaan Bupati beserta tamu undangan meninjau arena pameran di mulai dari Stand MIT dan mencoba menjadi narasumber Podcast, Pak Bupati mengubah peran sebagai ‘Bakul Peso’ dengan ciri khas berkopyah menceng’. Selanjutnya naik ke lantai tiga ke stand buku sekaligus Melaunching Buku Karya Santri Pontren Modern Zam-Zam, sedangkan di stand lain sempat beebrapa kali berinteraksi dengan santri juga ustadz penjaga stand.

Acara pembukaan dihadiri Kepala Cabang Wilayah X Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng, Drs. Agus Triyanto, M.Si, Kasi SMA dan SLB Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Dinas P dan K Provinsi Jateng, Dwi Sucipto, S.ST., M.M., Perwakilan dari Dindik Kabupaten Banyumas, Jajaran Pengawas Sekolas Dindik Banyumas, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas, K.H. Drs. Agus Miftah dan M. Tohar, M.Si., Ketua PGRI Kabupaten Banyumas, Ketua MKKS SMP-SMA Banyumas, perwakilan Kepala Sekolah SMP/ Mts, SD/MI se Banyumas, Ketua Majlis Dikdasmen PD Muhammadiyah Banyumas, H. Warmanto, M.Pd., Forkonpincam Kecamatan Cilongok, PC Muhammadiyah Cilongok, Dewan Pembina Pontren Zam-Zam, K.H. Casiwan, HS, Direktur Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah, Ustadz Arif Fauzi, Lc., M.Pd., beserta jajaran direkasi dan Formasi.

Selaku Ketua Pelaksana, Drs. M. Djohar, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban Pontren kepada masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan di Pontren Modern Zam-Zam juga untuk menjalin banyak kerja sama dengan berbagai pihak dalam usaha mengembangkan Pontren.

Kegiatan dengan tema ‘Mengembangkan kerja sama untuk pendidikan yang lebih baik’ (Developing Partnership, For a Better Education) ini menyajikan empat kegiatan inti, yaitu pameran, bazar, pentas seni dan donor darah.

“Ada 44 stad terdiri dari 4 rumpun mapel yang meliputi mapel Matematika dan IPA, Bahasa, IPS dan PKn , PAI dan Seni, ada 135 karya santri, launching dalam rangka literasi pesantren sebanyak 48 judul buku dan juga diikuti oleh peserta dari Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Cilongok, SD/MI, untuk bazar terdiri dari 38 stand dari para santri, ustad, wali santri dan UMKM dari Cilongok,” urainya.

Dalam sambutan Direktur Pontren Modern Zam-Zam, Ustadz Arif Fauzi, Lc., M.Pd., menyampaikan, selain sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada bapak ibu wali santri juga kepada pemerintah, kepada Majlis Dikdasmen dan Persyarikatan Muhammadiyah

“Semua apa yang disiapkan oleh santri di bawah bimbingan bapak dan ibu guru ini adalah dalam rangka menjadikan santri-santri kita memiliki kapasitas ilmu dan kapasitas agama. Menjadikan ulama yang intelek, dan intelek yang memiliki jiwa ulama,” kata Ustadz Arif.

Terkait perkembangan Pontren yang dipimpinnya, kini telah memiliki 3 kampus, dua di Desa Pernasidi dan satu di Desa Karanglo. Dan atas izin Allah, kini para alumni tersebar bukan saja di PTN – PTS favorit di Indoensa, juga di belajar di luar negeri baik di Jepang, Sudan dan Mesir.

“Karena meraka belajar bahasa Arab, Inggris, dan kepribadian muslim, sehingga kelak menjadi apapun, mereka tetap memberikan manfaat baik untuk diri mereka maupun masyarakat,” harapnya.

Ditambahkan, kini Pontren Modern Zam-Zam yang kini memiliki santri sebanyak 1866 yang berasal dari Sumatra hingga Papua ini, juga membina 35 Pontren Muhammadiyah se Barlingmascakeb, dengan cara mengirimkan ustadz-ustadz terbaiknya untuk tugas pengabdian agar Pontren Muhammadiyah di Barlingmascakeb dapat berkembang bersama. Pontren Modern Zam-Zam juga sudah membuka Penerimaan Santri Baru (PSB) untuk Tahun ajaran 2023-2024 sejak Agustus – 4 November 2023 untuk Gelombang 1. (h)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru