24.2 C
Purwokerto
Jumat, 19 April 2024
spot_img

KONTINGEN SMP MBS ZAM-ZAM JUARA DI AJANG JAMBORE KEBANGSAAN PROFIL PELAJAR PANCASILA 2023

(INFO ZAM-ZAM) – Jambore Kebangsaan Pelajar Pancasila tahun 2023 berlangsung selama tiga hari pada Kamis – Sabtu, (16-18/03/2023) di lapangan Desa Tumiyang, Kecamatan Pekuncen, Banyumas. Kegiatan yang diikuti sebanyak empatpuluh SMP se Kabupaten Banyumas dibuka langsung oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein. Menyertai Bupati di acara pembukaan, Bunda Paud Banyumas Ny. Erna Husein bersama Kepala Dinas Perndidikan Kabupaten Banyumas Drs. Joko Wiyono, M.Si dan beberapa pejabat lainnya. Kontingen dari SMP MBS Zam-Zam Cilongok berhasil meraih sebagai juara 2. Kontingen ini terdiri dari 10 santriwati kelas 7 dan kelas 8. Adapun kejuaraan itu hasil dari nilai akumulsai dari seluruh kegiatan yang meliputi PBB, Dragbar, Yel-yel, Lagu daerah, lagu nasional, Pancasila, UUD 45, wawasan, Pentas seni dan carnaval.
Sebagaimana diberitakan di laman Humas Pemkab Banyumas, dalam pembukaan kegiatan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Joko Wiyono menyatakan bahwa jambore kebangsaan itu sendiri merupakan upaya untuk mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan merupakan agenda progam yang strategis.
“Progam ini strategis karena memiliki makna nilai kebangsaan yang mana tidak boleh pudar,” tuturnya.
Joko Wiyono melaporkan bahwa ada 40 SMP/MTS dari se-wilayah Banyumas sejumlah 370 peserta yang hadir dan agenda ini bersifat indoor dan outdoor.
Kegiatan dilaksanakan baik indoor dan outdoor antara lain pemberian wawasan kebangsaan, wawasan Wiyata Mandala, kebencanaan, sosialisasi napsa, bakti sosial dengan membersihkan tempat ibadah di wilayah desa Tumiyang, dan ditutup dengan penanaman 400 pohon dan pawai kebhinekaan.
Sedangkan Bupati Ahmad Husein mengatakan, kegitan ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat bagus untuk melatih mental badi para pelajar, yang mana sebagai Pelajar Pancasila harus menjalankan kehidupan yang mandiri.
“Jambore seperti ini akan memberikan kesan dan membekas dan akan menjadi alur atau jalan karakter kita dalam menyelesaikan masalah,” tuturnya.
Bupati Husein juga menyampaikan bahwasannya Pancasila kita harus digaungkan karena di dalamnya mengandung filosopi ideologi pancasila itu sendiri, demikian pula dengan negara kita sendiri sungguh besar.
Pesan Bupati Husein kepada para peserta Jambore Kebangsaan tersebut agar anak-anak tidak acuh dalam hidup dan jadilah manusia yang siap berani dan bersikap menegakan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan hidup sebagai implementasi dari titisan Pancasila. (h/sumber Humas Pemkab)

Informasi Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sosial Media

4,985FansSuka
3,802PengikutMengikuti
5,719PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

informasi Terbaru