UP GRADING PR IPM MBS ZAMZAM PUTRI

 (PPMZ-)  Pemimpin sejati adalah sosok pimpinan yang tindak-tanduknya dapat menjadi contoh yang baik, bukan sosok yang ditakuti apalagi menjadi ancaman bagi para anggota yang dipimpinnya. Itu salah satu point penting dalam materi  kepemimpinan (Leadership) yang disampaikan oleh Kepala HRD PR  MBS  Zamzam, Ustad Drs. M. Djohar M.Pd., dalam kegiatan Up Grading bagi para pengurus PR  IPM Putri  MBS Zamzam Cilongok Periode 2020, pada Kamis (16/01/2020) lalu, di out door dan out of the box,  The Forest  Island Baturraden, Banyumas, Jateng.

Disampaikan oleh Bagian Kepengasuhan Santri  (Syuun Tholibat) Putri, Pondok Pesantren Modern (PPM) Zamzam Muhammadiyah, Ustadzah Shofiana Hikmah, S.Pd.I., katanya, kegiatan Up Grading  ini bertujuan untuk meningkatkan mutu, pengetahuan, dan ilmu berorganisasi serta memberikan suntikan semangat kepada pengurus PR IPM MBS  Zamzam Cilongok Putri.  Sejak pengurus PR IPM Putri ini dilantik hingga awal tahun 2020, roda organisasi telah  berjalan hampir ½ periode. Up grading ini salah satu upaya penyegaran semangat agar para pengurus dalam berjuang melalui wadah IPM sebagai satu-satunya organisasi di lembaga pendidikan Muhammadiyah, tidak kenal surut. Sebagaimana tema kegiatan ini yakni  ‘Menumbuhkan Jiwa Pejuang dalam Satu Ikatan.

“Diadakannya Up Grading ini agar kalian tahu makna berjuang dalam berorganisasi dan bagaimana menjadi seorang kader  yang militan. Kalian adalah harapan kami, kalian adalah roda penggerak kegiatan, semoga kalian semakin solid, bisa satu suara dan satu tujuan. Pulanglah dengan membawa semangat  yang  baru…” papar Ustadzah Shofiana memberikan semangat. 

Acara dimulai setelah jam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berakhir. Keberangkatan dari pesantren sekitar pukul  10.00 WIB. Setibanya di lokasi kegiatan,  para pengurus PR IPM MBS Zamzam Cilongok Putri diajak outbond  untuk  lebih mempererat kerja sama tim. Setelah Istirahat sholat dzuhur dilanjut makan siang, dan memulai kegiatan inti.

Setelah materi Leadership, dilanjutkan materi kedua oleh Ustad Semi Priyatno S.Pd., selaku Kepala SMA MBS  Zamzam dengan tema  Pemecahan Masalah (Problem Solving ). Penyampaian yang begitu sangat mudah dipahami karena pada kenyataannya masalah adalah hal yang paling sering dijumpai dalam berorganisasi. Dijelaskan, bagaimana seorang pemimpin dalam mengambil tindakan secara baik untuk dapat mengatasi permasalahan yang terjadi.“Beda pendapat tak apa, namun ketika keputusan sudah diambil oleh atasan, maka diharuskan untuk bisa mengikuti keputusan yang telah diambil. Sebagai IPM, kalian harus bisa mengambil moment yang tepat, kapan waktu untuk umat dan kapan waktu untuk pribadi,” papar Ustadz  Semi berpesan.

Ba’da Ashar giliran pemateri ketiga dari PD IPM Banyumas. Selaku Sekretaris Umum, Ipmawati Rizky Zuliatun Nisa, beliau menyampaikan materi  Kesekretariatan. Dijelaskan, materi  ini mengenai  ketentuan administrasi dalam organisasi IPM. Karena IPM sendiri mempunyai Pedoman Administrasi  yang sudah ditetapkan dalam AD & ART IPM. Maka dari itu, untuk menghindari kesalahan dalam administrasi perlu adanya penjelasan yang lebih intensif.  Bermula dari surat menyurat, definisi administrasi dan yang lainnya.

Adapun materi  terakhir dalam Up Grading ini tentang Teknik Sidang oleh Ipmawati  Innas. Dijelaskan, Materi persidangan ini penting, dikarenakan sidang adalah forum formal suatu organisasi guna membahas masalah tertentu dalam upaya untuk menghasilkan keputusan yang dijadikan sebagai sebuah ketetapan bersama. Keputusan dari persidangan ini akan mengikat kepada seluruh elemen organisasi selama belum diadakan perubahan atas ketetapan t ersebut. Keputusan ini sifatnya final sehingga berlaku bagi pihak yang setuju maupun tidak setuju, hadir atau tidak hadir dalam persidangan. “Acara Up Grading diakhiri dengan penguatan internal secara administrasi dan kelembagaan,” tandas Ustadzah Shofiana. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *